Implementasi Metode Pembiasaan Hafalan Surat Pendek Pada Siswa Tunagrahita Di SMPLB Kanigoro, Kras, Kediri

Nur'aini, Farida (2021) Implementasi Metode Pembiasaan Hafalan Surat Pendek Pada Siswa Tunagrahita Di SMPLB Kanigoro, Kras, Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932102514_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932102514_bab1.pdf

Download (239kB)
[img] Text
932102514_bab2.pdf

Download (589kB)
[img] Text
932102514_bab3.pdf

Download (251kB)
[img] Text
932102514_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
932102514_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
932102514_bab6.pdf

Download (90kB)
[img] Text
932102514_daftarpustaka.pdf

Download (142kB)
[img] Text
932102514_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK FARIDA NUR’AINI, Dosen Pembimbing Dr. Iskandar Tsani, S.Ag, M.Ag dan Novi Rosita Rahmawati, M.Pd: Implementasi Metode Pembiasaan Hafalan Surat Pendek pada Siswa Tunagrahita di SMPLB Kanigoro, Kras, Kediri, Provinsi Jawa Timur, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN KEDIRI, 2021. Kata Kunci: Metode Pembiasaan, Hafalan Surat Pendek, Tunagrahita. Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki kemampuan intelektual dibawah rata-rata yang sifatnya permanen, namun mereka mempunyai kemampuan untuk berkembang. Sedangkan metode pembiasaan ini adalah sesuatu yang sengaja dilakukan secara berulang-ulang, konsisten, berkelanjutan agar menjadikan sesuatu kebiasaan itu melekat pada diri siswa, sehingga menjadikan suatu kebiasaan yang sulit untuk ditinggalkan. Jadi implementasi medote pembiasaan adalah penerapan sebuah cara untuk membuat siswa terbiasa menjalankan perbuatan-perbuatan yang baik, dengan cara melakukan perbuatan tersebut secara berulang-ulang dan terus menerus, sehingga menjadi kebiasaan bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk: 1.) Mengetahui implementasi metode pembiasaan hafalan surat pendek pada siswa tunagrahita di SMPLB Kanigoro, Kras Kediri. 2.) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode pembiasaan hafalan surat pendek pada siswa tunagrahita di SMPLB Kanigoro, Kras Kediri. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian berupa deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, dilakukan analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunkan ketekunan, pengamatan, dan teknik trigulasi. Hasil penelitian ini menunjukakkan bahwa: 1) Pelakasaan metode Pembiasaan di SMPLB Kanigoro, Kras yaitu pembiasaan hafalan surat pendek masuk dalam tata tertib sekolah, dilakukan setiap selama 20 menit, semua warga sekolah terlibat langsung dalam pembiasaan hafalan surat pendek, penilaian dilaksanakan menjelang Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Sekolah. 2) faktor pendukung yaitu mendapat dukungan penuh dari semua pihak stakeholder, baik dari guru, siswa, komite sekolah, serta orang tua siswa, kebiasaan siswa dalam menghafal surat-surat pendek setiap pagi sebelum jam pembelajaran dimulai, Lingkungan sekolah yang menyenangkan. Faktor penghambat yaitu konsentrasi siswa mudah hilang, mudah bosan, kurangnya perhatian dari orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:35
Last Modified: 14 Jun 2022 02:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4677

Actions (login required)

View Item View Item