Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Perspektif Islam (Studi Kasus di KSPPS Sumber Barokah Mandiri Desa Woromarto, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri)

A’yuni, Izzah Anisatil (2021) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Perspektif Islam (Studi Kasus di KSPPS Sumber Barokah Mandiri Desa Woromarto, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931357715_prabab.pdf

Download (303kB)
[img] Text
931357715_bab1.pdf

Download (249kB)
[img] Text
931357715_bab2.pdf

Download (253kB)
[img] Text
931357715_bab3.pdf

Download (233kB)
[img] Text
931357715_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
931357715_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
931357715_bab6.pdf

Download (181kB)
[img] Text
931357715_daftarpustaka.pdf

Download (147kB)
[img] Text
931357715_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK IZZAH ANISATIL A’YUNI. NIM. 931357715. Dosen Pembimbing I Ali Samsuri, M. EI, Dosen Pembimbing II Binti Mutafarida, SE., MEI: STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Di KSPPS Sumber Barokah Mandiri Desa Woromarto, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah, IAIN Kediri, 2020. Kata Kunci: Strategi pemasaran, Peningkatan jumlah anggota, Pemasaran syariah. Koperasi merupakan lembaga yang bertujuan menyelamatkan perekonomian masyarakat kecil. Dewasa ini perkembangannya semakin pesat dan bermunculan pula koperasi syariah. Pesatnya pertumbuhan, menjadikan koperasi bersaing satu sama lain dalam mendapatkan anggota karena anggota merupakan bagian penting bagi sebuah koperasi untuk keberhasilan usahanya. Maka pemasaran yang baik sangat diperlukan. Pemilihan strategi pemasaran dapat menarik anggota untuk meningkatkan aktivitas dan juga dapat menarik calon anggota untuk bergabung. KSPPS Sumber Barokah Mandiri merupakan koperasi dengan jumlah anggota yang terus meningkat serta tertinggi di kecamatan Purwoasri sejak tahun 2016 hingga 2019. Oleh sebab itulah strategi pemasaran di KSPPS Sumber Barokah mandiri sangat menarik untuk diteliti. Dengan fokus penelitian: 1. Bagaimana strategi pemasaran KSPPS Sumber Barokah Mandiri dalam meningkatkan jumlah anggota? 2. Bagaimana strategi pemasaran KSPPS Sumber Barokah Mandiri ditinjau dari perspektif Islam? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuin strategi pemasaran KSPPS Sumber Barokah Mandiri dalam meningkatkan jumlah anggota serta mengetahui strategi pemasaran KSPPS Sumber Barokah Mandiri ditinjau dari perspektif Islam. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti sangat penting dan diperlukan secara optimal. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penyimpulan data. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triagulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1.) strategi pemasaran di KSPPS Sumber Barokah Mandiri dalam meningkatkan jumlah anggota adalah dengan bauran pemasaran 4P(Produk, Place, Price, Promotion). Bauran pemasaran yang paling efektif dan berpengaruh besar dalam meningkatkan jumlah anggota adalah promosi dengan menerapkan bauran promosi periklanan secara online. 2.) Strategi pemasaran yang dilakukan sudah sesuai dengan prinsip Islam. Dengan menerapkan prinsip ketuhanan, etis, realistis dan humanistis. Selain itu juga menerapkan bauran pemasaran Islam dengan mengutamakan kejujuran dan keadilan dalam penerapannya. Transaksi yang dilakukan bebas dari riba serta transaksi yang diharamkan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:57
Last Modified: 13 Jun 2022 02:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4655

Actions (login required)

View Item View Item