Pengaruh Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Pusat Oleh-Oleh Khas Blitar Nasionalism Kota Blitar

Nariskawati, Eva (2021) Pengaruh Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Pusat Oleh-Oleh Khas Blitar Nasionalism Kota Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931349815_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931349815_bab1.pdf

Download (563kB)
[img] Text
931349815_bab2.pdf

Download (585kB)
[img] Text
931349815_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text
931349815_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
931349815_bab5.pdf

Download (483kB)
[img] Text
931349815_daftarpustaka.pdf

Download (308kB)
[img] Text
931349815_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK EVA NARISKAWATI, 2020. Pengaruh Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Pusat Oleh-oleh Khas Blitar Nasionalism Kota Blitar. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Kediri (IAIN Kediri). Dosen Pembimbing (1) Ibu Dr. Hj. Naning Fatmawatie, MM dan (2) Ibu Sri Anugrah Natalina, SE, MM. Kata Kunci: Kelompok Referensi, Keputusan Pembelian Kelompok referensi adalah semua kelompok yang mempunyai pengaruh langsung (tatap muka) atau tidak langsung terhadap sikap atau perilaku orang tersebut. Sedangkan keputusan pembelian merupakan tahap dalam proses pengambilan keputusan, dimana konsumen benar-benar melaksanakan suatu pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelompok referensi dan mengetahui keputusan pembelian pada Toko Pusat Oleh-oleh Khas Blitar Nasionalism Kota Blitar, serta untuk mengetahui pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan pembelian di Toko Pusat Oleh-oleh Khas Blitar Nasionalism Kota Blitar. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi, yaitu penelitian yang dilaksanakan untuk mencari hubungan maupun pengaruh satu variabel atau lebih variabel independen dengan satu ataupun lebih variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Toko Pusat Oleh-oleh Khas Blitar Nasionalism dengan jumlah sampel 96 responden, diperoleh karena jumlah populasi yang tak terhingga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian pada Toko Pusat Oleh-oleh Khas Blitar Nasionalism adalah sangat kuat, hasil ini berdasarkan analisis korelasi pearson product moment dengan nilai sebesar 0,838 yang terletak diantara interval koefisien 0,80 – 1,000. Berdasarkan analisis uji t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 14,883 > 1,98552 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kelompok referensi (X) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) pada Toko Pusat Oleh-oleh Khas Blitar Nasionalism. Kemudian hasil analisis koefisien determinasi (R square) diperoleh nilai sebesar 0,702 atau 70,2%, yang berarti besarnya pengaruh variabel kelompok referensi terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 70,2%, sedangkan sisanya (29,8%) dipengaruhi faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini, yaitu faktor kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologis.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:13
Last Modified: 13 Jun 2022 02:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4647

Actions (login required)

View Item View Item