تحليل الكتاب أمثلتى لتوفيق الحاكم و كتاب النحو الواضح للشيخ على الجارم و مصطفى أمين (دراسة مقارنة عن التقويم)

Abrori, Muhammad Wildan (2021) تحليل الكتاب أمثلتى لتوفيق الحاكم و كتاب النحو الواضح للشيخ على الجارم و مصطفى أمين (دراسة مقارنة عن التقويم). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932505014_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932505014_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932505014_bab2.pdf

Download (761kB)
[img] Text
932505014_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)
[img] Text
932505014_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB)
[img] Text
932505014_bab5.pdf

Download (757kB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Wildan Abrori, 2021, Analisis Buku AmtsilatiKarya Taufiq Al-Hakim dan Buku Nahwu WadhihKarya Syekh Ali Al-Jarim dan Mustafa Amin (Studi Komparatif Evaluasi), Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Pembimbing (1) Dr. H. Ahmad Rifai, M. Pd. dan Pembimbing (2) Dr. Nurul Hanani, M. HI. Kata kunci: Analisis, Kitab Amtsilati, Kitab Nahwu Wadhih. IlmuNahwu merupakan salah satu cabang ilmu bahasa arab yang digunakan sebagai sarana membaca dan menulis bahasa arab tanpa harakat. Oleh karena itu, ilmu Nahwu diajarkan kepada siswa agar fasih berbahasa Arab. Dan ilmu Nahwu sangat penting dipelajari untuk membaca dan menerjemahkan buku. Untuk itu dalam mempelajari bahasa Arab membutuhkan buku ajar dengan evaluasinya, seperti Buku Amtsilati dan Buku Nahwu Wadhih . Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Dan analisis data dalam skripsi ini menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa studi komparasi padabuku Amtsilati karya Taufiq al-Hakim dan buku Nahwu Wadhihkarya Syekh Ali al-Jarim dan Mustafa Aminadalah setara atau seimbang dalam empat hal yaitu kurikulum, metode pengajaran, susunan materi, sedangkan perbedaan evaluasinya terdiri dari lima hal yakni pembukaan pelajaran, penyelesaian pelajaran, pelaksanaan tes, tes tertulis, ditinjau dari materi pelajaran, dari tingkat kevalidan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021404 I'dad al-Mawad (Instructional Design)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040301 Aqaid and Kalam (Aqaid dan Ilmu Kalam) > 2204030103 Scriptures (Kitab-Kitab Allah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 13 Jun 2022 01:48
Last Modified: 13 Jun 2022 01:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4641

Actions (login required)

View Item View Item