Hapsari, Gayatri (2022) Pengaruh Persepsi Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Mandi Dettol. (Studi Pada Santri Pondok Pesantren Al Falah Siraman Kesamben Kabupaten Blitar). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931302616_prabab.pdf Download (967kB) |
|
Text
931302616_bab1.pdf Download (247kB) |
|
Text
931302616_bab2.pdf Download (690kB) |
|
Text
931302616_bab3.pdf Download (323kB) |
|
Text
931302616_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
931302616_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) |
|
Text
931302616_bab6.pdf Download (13kB) |
|
Text
931302616_daftarpustaka.pdf Download (125kB) |
Abstract
Persepsi adalah proses bagaimana stimuli-stimuli itu diseleksi, diorganisasikan dan diinterpretasikan. Kelompok Referensi adalah kelompok yang dapat memberikan pengaruh secara langsung maupun tidak langsung kepada seseorang. Keputusan Pembelian adalah tahap proses pengambilan keputusan konsumen secara aktual untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk barang maupun jasa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui persepsi santri pada sabun mandi Dettol. (2) Untuk mengetahui kelompok referensi santri pada sabun mandi Dettol. (3) Untuk mengetahui keputusan pembelian santri pada sabun mandi Dettil. (4) Untuk mengetahui pengaruh persepsi terhadap keputusan pembelian sabun mandi Dettol. (5) Untuk mengetahui kelompok referensi terhadap keputusan pembelian sabun mandi Dettol. (6) Untuk mengetahui persepsi dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian sabun mandi Dettol. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri yang menggunakan sabun mandi Dettol sebanyak 103 santri. Sampel yang digunakan adalah seluruh populasi. Metode yang dipakai untuk mengumpulkan data yaitu dengan metode angket dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan cara uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi berganda, uji regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa varaibel persepsi (X1) dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 84,01 yang berada pada skor antara 81,79 dan 86,23, variabel kelompok referensi (X2) dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 84,05 yang berada pada skor antara 81,52 dan 86,58 dan variabel keputusan pembelian (Y) dalam kategori cukup dengan rata-rata 88,08. Berdasarkan uji normalitas,penelitian ini terdistribusi normal dilihat dari uji skewness dan kurtosis yang berada pada rasio -2 dan +2. Berdasarkan pengujian hipotesis, nilai thitung variabel persepsi 3,832 persepsi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan. thitung kelompok referensi 3,710 kelompok referensi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan. Persepsi dan kelompok referensi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan sabun mandi dettol. Pengujian hipotesis uji sumultan, mengahsilkan fhitung 18,989. Analisis data menggunakan nilai regresi berganda dengan persamaan Y= 29,993 + 0,374X1 + 0,317 X2. Dihasilkan nilai R 0,593 sedangkan R square sebesar 35,2% yang artinya variabel persepsi dan kelompok referensi mampu mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 35,2%. sisanya 64,8% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Gayatri Hapsari |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 07:06 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 07:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4630 |
Actions (login required)
View Item |