Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Peserta Didik Kelas XI-IPS SMA Negeri 1 Purwoasri Saat Pandemi Covid-19

Atusholihah, Nufi (2021) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Peserta Didik Kelas XI-IPS SMA Negeri 1 Purwoasri Saat Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932115417_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932115417_bab1.pdf

Download (623kB)
[img] Text
932115417_bab2.pdf

Download (656kB)
[img] Text
932115417_bab3.pdf

Download (689kB)
[img] Text
932115417_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
932115417_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
932115417_bab6.pdf

Download (397kB)
[img] Text
932115417_daftarpustaka.pdf

Download (475kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil yang dicapai oleh individu setelah mengalami suatu proses belajar. Hasil belajar diperoleh pada akhir proses pembelajaran dan berkaitan dengan kemampuan peserta didik dalam menyerap atau memahami suatu materi. Studi empiris membuktikan banyaknya faktor yang mempengaruhi hasil belajar dintaranya kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua khususnya selama masa pandemi covid-19. Kedisiplinan belajar adalah suatu kondisi seseorang yang menunjukkan sikap taat dan patuh dalam menjalankan peraturan yang telah ditetapkan baik di sekolah maupun dirumah atas kehendak diri sendiri, serta pengaturan kesiapan belajar yang baik agar dapat menghasilkan hasil belajar yang baik. Perhatian orang tua adalah suatu bantuan yang diberikan orang tua kepada anak untuk bisa maksimal dalam belajar. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar PAI terhadap hasil belajar peserta didik 2) Untuk mengatahui pengaruh pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar PAI peserta didik, 3) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar PAI peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-IPS SMA Negeri 1 Purwoasri yang berjumlah 138, dan diambil sampel sebanyak 57 peserta didik berdasarkan Slovin. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa dokumentasi hasil belajar dan angket kedisiplinan belajar dan angket perhatian orang tua. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tidak terdapat pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar PAI hal ini dapat dilihat dari hasil nilai sig. 0,227 > 0,05 dan koefisien determinasi sebesar 2,6% sisanya 97,4% di pengaruhi oleh variabel lain. 2) Tidak terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar PAI hal ini dapat dilihat dari hasil nilai sig. 0,652 > 0,05 dan koefisien determinasi sebesar 0,4% sisanya 99,6% di pengaruhi oleh variabel lain. 3) Tidak terdapat pengaruh kedisiplinan belajar bersamaan dengan perhatian orang tua terhadap hasil belajar PAI hal ini dapat dilihat dari hasil nilai sig. 0,442 > 0,05 dan koefisien determinasi sebesar 3% sisanya 97% di pegaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nufi Atusholihah
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:04
Last Modified: 09 Jun 2022 07:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4614

Actions (login required)

View Item View Item