Evaluasi Penggunaan Whatsapp Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Kelas VII MTsN 3 Kediri

Fadzilah, Nikmatin (2021) Evaluasi Penggunaan Whatsapp Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Kelas VII MTsN 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109917_prabab.pdf

Download (678kB)
[img] Text
932109917_bab1.pdf

Download (344kB)
[img] Text
932109917_bab2.pdf

Download (468kB)
[img] Text
932109917_bab3.pdf

Download (468kB)
[img] Text
932109917_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932109917_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
932109917_bab6.pdf

Download (325kB)
[img] Text
932109917_daftarpustaka.pdf

Download (431kB)
[img] Text
932109917_suratpernyataan.pdf

Download (653kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana evaluasi Context, Input, Process, dan Product dalam penggunaan WhatsApp pembelajaran daring pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method (campuran) jenis penelitian evaluasi dengan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product) menggunakan teori dari Stufflebeam. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga data yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang sudah sesuai kemudian dilakukan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen 1) Context yakni Sekolah sudah paham terhadap pembelajaran daring. Ligelitas program pembelajaran daring Surat Edaran Nomer 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat Coronavirus Disease (Covid-19). Tujuan pembelajaran daring agar siswa tetap mendapatkan haknya dalam belajar. 2) Input yakni SDM sudah sangat mendukung guru sebagai yang menjalankan program dan siswa yang melaksanakan program. Sarana dan prasarana sangat mendukung pembelajaran. sumber dana diperoleh Anggaran dana pelaksanaan pembelajaran daring sepenuhnya dari Pemerintah Pusat (APBN) berupa kuota 10 GB. Kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran adalah kurikulum 2013. 3) Process persiapan program pembelajaran daring guru menyusun RPP, Silabus, Prota, dan Promes. Pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan RPP sebagai acuan dalam pembelajara dan guru menggunakan media WhatsApp dalam menyampaikan materi. 4) Product pelaksanan pembelajaran daring dinilai dari 4 aspek menunjukkan hasil yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nikmatin Fadzilah
Date Deposited: 09 Jun 2022 06:58
Last Modified: 09 Jun 2022 07:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4584

Actions (login required)

View Item View Item