Romdiatin, Zuli (2022) Supervisi akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru TK Al HIDAYAH BAKTI III Pare. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92400920008_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
92400920008_bab1.pdf Download (394kB) |
|
Text
92400920008_bab2.pdf Download (786kB) |
|
Text
92400920008_bab3.pdf Download (358kB) |
|
Text
92400920008_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
|
Text
92400920008_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
|
Text
92400920008_bab6.pdf Download (105kB) |
|
Text
92400920008_daftarpustaka.pdf Download (216kB) |
Abstract
ABSTRAK Zuli Romdiatin, Pembimbing 1: Dr. Hj. Munifah, M.Pd, Pembimbing II: Prof. Dr. H. Nur Ahid, M.Ag : Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di TK Al Hidayah Bakti III Pare, Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Institut Agama Islam Kediri, 2021. Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Kinerja Guru Supervisi Akademik diselenggarakan dalam bentuk pembinaan, pemantauan dan penilaian kinerja guru untuk membantu guru dalam mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran seperti merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi pelaksanaan supervisi akademik agar tercapai mutu pembelajaran dan kualitas pendidikan. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis perencanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru di TK Al Hidayah Bakti III Pare, (2) Untuk menganalisis pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru di TK Al Hidayah Bakti III Pare, (3) Untuk menganalisis evaluasi pelaksanaan supervisi dalam meningkatkan kinerja guru di TK Al Hidayah Bakti III Pare. Penelitian ini menggunakan jenis dan pendekatan kualitatif studi kasus, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan uji keabsahan, yaitu: keikut sertaan yang diperpanjang, pengamatan yang tekun, pengecekan sejawat melalui diskusi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa Supervisi akademik kepala sekolah TK Al Hidayah Bakti III Pare dalam meningkatkan kinerja guru (1) perencanaan supervisi akademik kepala sekolah di susun pada awal tahun ajaran, jenis programnya meliputi program supervisi tahunan, program supervisi semester, program supervisi akademik, yang disusun berdasarkan identifikasi, analisis dan evaluasi tahun sebelumnya. Dalam penyusunan melibatkan semua dewan guru (2) Pelaksanaan Supervisi akademik kepala sekolah yang ditempuh adalah; Menggunakan Supervisi tidak langsung, yaitu dilaksanakan pada pertemuan yang tidak secara khusus diadakan untuk kegiatan supervisi seperti pertemuan forum KKG, rapat IGTKI dan berkunjung ke rumah guru untuk menjalin komunikasi secara intensif, menggunakan tehnik Supervisi langsung melalui kunjungan kelas, dilaksanakan sesuai jadwal yang telah disusun bersama guru, menilai pelaksanaan supervisi kepala sekolah membawa instrument supervisi sebagai acuan selama proses pelaksanaan supervisi berlangsung, kepala sekolah mendelegasikan tanggungjawab supervisor kepada guru senior untuk ikut mensupervisi, mengadakan pendekatan individu dan kelompok serta terus mendorong guru untuk mengembangkan diri, Mengadakan kegiatan tindak lanjut untuk menindaklanjuti temuan waktu pelaksanaan supervisi. (3) Evaluasi pelaksanaan supervisi akademik dilaksanakan oleh kepala sekolah dengan cara memberikan tindak lanjut kepada guru berdasarkan hasil supervisi sebagai wujud pembinaan atau pengawasan agar terjadi perubahan dan juga demi meningkatkan kinerja guru, tehnik tindak lanjut dalam melakukan evaluasi pelaksanaan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru dalam mengajar yaitu dengan cara bimbingan personal dan bimbingan kelompok serta mengikutsertakan guru-guru dalam diklat atau workshop, kegiatan KKG yang rutin dilaksanakan setiap bulan sekali, kegiatan evaluasi pelaksanaan supervisi akademik dilaksanakan oleh kepala sekolah dibantu oleh guru senior yang telah di delegasikan untuk ikut melakukan kegiatan supervisi teman sejawatnya, evaluasi Supervisi akademik dilaksanakan secara periodik yaitu pada akhir semester 1 dan akhir semester 2 setelah pelaksanaan program semester yang telah ditetapkan, hasil evaluasi pelaksanaan supervisi akademik digunakan untuk memperbaiki program supervisi pada tahun berikutnya dan menindaklanjuti kesulitan yang dihadapi guru serta menemukan pendekatan yang tepat terhadap masing-masing guru dengan karakter dan kemampuan yang beragam.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Zuli Romdiatin |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 07:31 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 07:45 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4583 |
Actions (login required)
View Item |