Itsna Rusydiana, Rusydiana, Itsna (2022) Kepemimpinan Wanita dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Manajemen Pengasuhan Di P.P. AL-MAWADDAH 2 Blitar. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92400920005_PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
92400920005_BAB 1.pdf Download (324kB) |
|
Text
92400920005_BAB II.pdf Download (545kB) |
|
Text
92400920005_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
|
Text
92400920005_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) |
|
Text
92400920005_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) |
|
Text
92400920005_BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
Text
92400920005_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) |
Abstract
ABSTRAK ITSNA RUSYDIANA, 2022, Kepemimpinan Wanita dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Manajemen Pengasuhan di P.P. Al-Mawaddah 2 Blitar, Manajemen Pendidikan Islam, Tarbiyah, Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing: 1. Dr. Hj. Mu’awanah, MPd. 2. Dr. Mukhammad Abdullah, M.Ag. Kata kunci: Kepemimpinan Wanita, Pengembangan Sumber Daya Manusia. Pemimpin merupakan unsur terpenting dalam lembaga pendidikan, karena pemimpin memiliki peran sebagai penanggung jawab sekaligus sebagai fasilitator, supervisor sekaligus evaluator. Sebagai koordinator dan manajer, pemimpin memiliki tugas dan peran yang besar dalam melakukan pengembangan pada SDM. Oleh sebabnya, perlu adanya upaya yang besar dari pemimpin dalam melakukan pengembangan SDM melalui pengupayaan kegiatan, strategi dan kebijakan yang membangun. Dengan adanya upaya yang sesuai dan tepat sasaran, maka tujuan bersama pun dapat tercapai. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya pemimpin wanita dalam mempengaruhi SDM di P.P. Al-Mawaddah 2 Blitar? 2) Bagaimana strategi pemimpin wanita dalam menggerakkan SDM di P.P. Al-Mawaddah 2 Blitar? 3) Bagaimana pelaksanaan pengembangan SDM yang dipimpin oleh wanita di P.P. Al-Mawaddah 2 Blitar? (4) Bagaimana pelaksanaan pemberdayaan SDM yang dilakukan oleh pemimpin wanita di P.P. Al-Mawaddah 2 Blitar? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus, yang cara menganalisisnya melalui tiga jalur, yaitu reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekkan keabsahan data menggunakan triangulasi dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Upaya-upaya yang dilakukan kepala pengasuhan selaku pemimpin wanita dalam memberikan pengaruh kepada SDM, berupa mengadakan briefing dengan ustadzah pengabdian setiap satu minggu dekali dan evaluasi seluruh karyawan satu bulan sekali. Selain itu kepala pengasuhan menanamkan panca jiwa pondok sedini mungkin. 2) Strategi yang digunakan oleh kepala pengasuhan dalam menggerakkan bawahannya, yaitu dengan memberikan contoh tauladan yang baik bagi bawahannya, dan juga menegakkan kedisiplinan. 3) Pelaksanaan pengembangan SDM yang dilakukan kepala pengasuhan berupa, membuah kebijakan baru yang membangun dan juga memberikan kesempatan ustadzah pengabdian untuk kuliah. 4) Pelaksanaan pemberdayaan yang dilakukan kepala pengasuhan, yaitu dengan menyediakan mesin roti untuk ustadzah pengabdian dan memasarkannya di area pondok pesantren. Selain ini, pengelolaan koperasi diserahkan kepada ustadzah pengabdian semabagai serana pengembangan melalui transaksi dan pengelolaan keuangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Itsna Rusydiana |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 01:56 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 01:56 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4570 |
Actions (login required)
View Item |