Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Surat Al-Hujarat Ayat 9-13 Telaah Tafsir Al-Maroghi Dan Tafsir Showi

Irfan Ulinnuha, Muhammad (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Surat Al-Hujarat Ayat 9-13 Telaah Tafsir Al-Maroghi Dan Tafsir Showi. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101720014_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
92101720014 BAB 1.pdf

Download (851kB)
[img] Text
92101720014 BAB 2.pdf

Download (402kB)
[img] Text
92101720017 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[img] Text
92101720014 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
92101720014 BAB 5.pdf

Download (190kB)
[img] Text
92101720014 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD IRFAN ULINNUHA. Dosen Pembimbing I Prof. Dr. H. Nur Ahid, M.Ag dan Dosen Pembimbing II Dr. H. Ahmad Subakir, M.Ag : Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Surat Al-Hujarat Ayat 10-13 (Telaah Tafsir Al-Maroghi) Kata Kunci: Pendidikan Multikultural. Pendidikan multikultural adalah pendidikan yang menghargai perbedaan, sehingga nantinya perbedaan tersebut tidak menjadi sumber konflik dan perpecahan. Sikap saling toleransi inilah yang akan menjadikan keberagaman dinamis, kekayaan budaya yang menjadi jati diri bangsa yang patut untuk dilestarikan. Penyelenggaraan pendidikan multikultural di dunia pendidikan diyakini dapat menjadi solusi nyata bagi konflik dan disharmonisasi yang terjadi di masyarakat, khususnya yang kerap terjadi di masyarakat Indonesia yang secara realitas plural. Dengan kata lain, pendidikan multikultural dapat menjadi sarana alternatif pemecahan konflik sosial budaya. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan multikultural dalam Q.S. Al-Hujurat ayat 10-13 menurut tafsir Al-Maroghi ?. Apa sajakah nilai-nilai pendidikan multikultural dalam surat Al-Hujarat ayat 10-13 dalam tafsir Al-Maraghi ?. Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan multikultural surat Al-Hujarat ayat 10-13 terhadap kondisi masyarakat moderen ?. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kepustakaan dengan menggunakan tiga langkah pengumpulan data, yaitu membaca secara komperhensif, dan kritis, mencatat pemaparan bahasa dalam kita, dan mengidentifikasi, mengklasifikasikan dan menganalisis kitab. Sedangkan cara menganalisisnya melalui dua jalur, yaitu metode analisis deskriptif, dan analisis isi berupa: metode deduktif, induktif dan Komparasi. Sedangkan untuk pengecekkan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini yaitu penafsiran ayat-ayat multikultural menurut Musthofa al- Maraghi yaitu: Q.S. al-Hujurat:13 Pada dasarnya manusia bernasab pada satu nenek moyang, yaitu Adam as. dan Hawa namun Allah menghendaki manusia menjadi bersuku-suku dan berbangsa-bangsa untuk saling mengenal bukan saling mengolok-olok, menghina, mengejek dan memberi panggilan dengan gelar-gelar yang buruk, sehingga sangat penting nilai toleransi agar saling menghargai sesama manusia, kemudian surat Al-Hujarat ayat 9 dan 10, Allah swt. sejatinya memberikan fitrah pada tiap diri manusia berupa akal, kemudian dengan akal tersebut manusia dapat memilah antara baik dan buruk, mengetahui hak dan kewajiban, sehingga diharapkan agar tidak bersengketa dan terpecah belah karena umat Islam adalah umat yang satu dan saling membutuhkan, untuk itu perlu pengejewantahaan nilai demokrasi atau kebebasan guna mengeksplor potensi manusia tanpa saling menjatuhkan satu sama lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040303 Al-Qur'an and Related Science (Al-Qur’an dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030305 Tafsir Al-Qur’an
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040303 Al-Qur'an and Related Science (Al-Qur’an dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030306 Kumpulan ayat-ayat Al-Qur’an
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Irfan Ulinnuha
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:44
Last Modified: 06 Jun 2022 02:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4569

Actions (login required)

View Item View Item