تكوين البيئة العربية لترقية مهارة الكلام عن طريقة الدرس الإضافي لطلاب (Excellent) الفصل السابع 3 في الددرةة الدووةطة الإةلامية الحكومية كديرى

Danalita, Vina (2017) تكوين البيئة العربية لترقية مهارة الكلام عن طريقة الدرس الإضافي لطلاب (Excellent) الفصل السابع 3 في الددرةة الدووةطة الإةلامية الحكومية كديرى. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
sampul_halaman depan.pdf

Download (725kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 6.pdf

Download (1MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (384kB)
[img] Text
biodata_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)

Abstract

Pembentukan Lingkungan Arab dalam meningkatkan kemahiran berbicara melalui proses pelajaran tambahan pada siswa kelas VII (Excellent) MTsN 3 Kediri -- Bahasa adalah sesuatu yang penting dalam kehidupan manusia. Pentingnya mempelajari bahasa seperti alat komunikasi antara manusia dengan yang lainnya melalui isyarat, tulisan ataupun secara lisan. Sedangkan lingkungan bahasa merupakan peran penting dalam meningkatkan kemahiran berbicara. MTsN 3 Kediri menerapkan lingkungan bahasa untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam kemahiran berbicara. Penerapan lingkungan ini diadopsi dari salah satu kegiatan yang ada di Pondok Modern Darussalam Gontor. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Pembentukan lingkungan bahasa di MTsN 3 Kediri, 2) Bagaimana proses pembelajaran dalam lingkungan bahasa di MTsN 3 Kediri, 3) Apa kelebihan siswa dalam kemahiran berbicara melalui proses pelajaran tambahan di MTsN 3 Kediri. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif menggunakan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan fenomena yang sesuai dengan tema penelitian secara keseluruhan. Metode yang digunakan untuk memperoleh data penelitian yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan tiga metode dalam menganalisis data yaitu pembatasan data, pengelompokkan data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini segala sesuatu yang berpengaruh terhadap manusia, sehingga menggerakkan dan mempengaruhi pertumbuhan, berbicara adalah kegiatan bahasa pokok yang digunakan pijakan oleh anak untuk memenuhi kebutuhannya dan untuk mempermudah urusan kesehariannya. Kemahiran berbicara adalah kemampuan untuk mengucapkan suara atau kata-kata dalam rangka mengungkapkan fikiran, pendapat, maksud, rasa kepada lawan bicara. Hasil penelitian sesuai rumusan masalah: 1) Pembentukan lingkungan bahasa di MTsN 3 Kediri dilaksanakan 1 kali dalam satu minggu, yakni setiap hari sabtu setelah jam pelajaran sekolah selesai, 2) Materi pada lingkungan bahasa ini dari kosa kata baru, kalimat dari kosa kata baru, dan percakapan, kemudian menggunakian kosa kata baru dalam percakapan diantara mereka. 3) Siswa lebih berani untuk berbicara menggunakan bahasa Arab dengan teman ataupun guru didalam kelas ketika pelajaran berlangsung, walaupun itu hanya dengan beberapa kata, mereka menggunakan bahasa Arab ketika ujian dan berbicara dengan para guru pondok. Keberhasilan ini terlihat dari nilai bahasa arab siswa pada semester 1 dan semester 2.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040909 'Ilmu al-Lughah al-Ijtima'iy (Arabic Sociolinguistics)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 25 Jun 2019 02:19
Last Modified: 25 Jun 2019 02:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item View Item