Hubungan Antara Pola Asuh Permisif Dengan Agresivitas Siswa Kelas VIII MTs Negeri 15 Jombang

Ningsih, Irma Widya (2022) Hubungan Antara Pola Asuh Permisif Dengan Agresivitas Siswa Kelas VIII MTs Negeri 15 Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933413517_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933413517_bab1.pdf

Download (374kB)
[img] Text
933413517_bab2.pdf

Download (292kB)
[img] Text
933413517_bab3.pdf

Download (381kB)
[img] Text
933413517_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
933413517_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
933413517_bab6.pdf

Download (165kB)
[img] Text
933413517_daftarpustaka.pdf

Download (169kB)
[img] Text
933413517_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keluarga merupakan pendidikan pertama pada anak yang juga memiliki tugas menanamkan watak dan kepribadian siswa dan bergantung pada pola asuh orang tua. Orang tua memiliki cara tersendiri untuk mengasuh anak diantaranya dengan menerapkan pola asuh permisif. Pola asuh permisif merupakan tipe pola asuh orang tua yang merasa tidak peduli dan cenderung memberi kesempatan serta kebebasan kepada anak. Sehingga, anak cenderung bertindak semena-mena karena tanpa adanya pengawasan dari orang tua, merasa bebas melakukan apa saja yang di inginkan dan kurang disiplin pada norma-norma masyarakat. Hal tersebut yang menyebabkan muncul agresivitas. Agresivitas merupakan tindakan yang dimaksudkan untuk melukai orang lain atau merusak milik orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui tingkat pola asuh permisif yang diterapkan orang tua siswa kelas VIII MTs Negeri 15 Jombang. (2) Mengetahui tingkat agresivitas siswa kelas VIII MTs Negeri 15 Jombang. (3) Mengetahui hubungan antara pola asuh permisif dengan agresivitas siswa kelas VIII MTs Negeri 15 Jombang. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian korelasional kuantitatif yang dimaksudkan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan antara dua variabel atau beberapa variabel kemudian data berupa angka diolah atau dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah 185 siswa kelas VIII MTs Negeri 15 Jombang. Sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 126 siswa. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala psikologi yaitu skala agresivitas dari Buss dan Perry dan skala pola asuh permisif dari Hurlock. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner atau angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi sederhana product moment dengan menggunakan bantuan SPSS versi 22.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Tingkat pola asuh permisif orang tua pada siswa kelas VIII MTs Negeri 15 Jombang sebesar 38,5% dengan jumlah 48 siswa yang berarti pola asuh permisif berada pada kategori “sedang”. (2) Tingkat agresivitas siswa kelas VIII MTs Negeri 15 Jombang sebesar 35,72% dengan jumlah 45 siswa yang berarti agresivitas siswa kelas VIII MTs Negeri 15 Jombang berada pada kategori “sedang”. (3) Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa nilai korelasi sederhana sebesar 0,483 maka terdapat hubungan positif antara pola asuh permisif dengan agresivitas, jika pola asuh permisif tinggi maka agresivitas pun tinggi. Nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh permisif dengan agresivitas siswa kelas VIII MTs Negeri 15 Jombang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Irma Widyaningsing
Date Deposited: 30 May 2022 06:45
Last Modified: 30 May 2022 06:53
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4528

Actions (login required)

View Item View Item