Urmila, Nislatul (2021) Kemitraan Sampoerna Retail Community (SRC) Menurut Perspektif Syari’ah (Studi Kasus Toko Kelontong Mitra SRC di Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931320514_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
931320514_bab1.pdf Download (358kB) |
|
Text
931320514_bab2.pdf Download (375kB) |
|
Text
931320514_bab3.pdf Download (215kB) |
|
Text
931320514_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
Text
931320514_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
|
Text
931320514_bab6.pdf Download (198kB) |
|
Text
931320514_daftarpustaka.pdf Download (198kB) |
|
Text
931320514_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK NISLATUL URMILA, Dosen Pembimbing Achmad Munif, SE, MM.I dan Sri Anugrah Natalina, SE, MM : Kemitraan Sampoerna Retail Community (SRC) Menurut Perspektif Syari‟ah, Ekonomi Dan Bisnis Islam, Febi, IAIN Kediri 2021. Kata Kunci : Kemitraan SRC, Perspektif Ekonomi Islam Kehadiran minimarket di Indonesia mengalami perkembangan yang begitu pesat, baik di kawasan tengah kota maupun pinggiran kota besar di Indonesia. Yang paling merajai berbagai wilayah yaitu minimarket modern seperti, alfamart dan indomart, dikarenakan toko yang mereka punya sudah tentu lengkap produknya, bersih tempatnya, dan kita bebas memiih dan mengambil barang yang kita mau sesuka hati, hal tersebut membuat masyarakat merasa nyaman berbelanja disana. Dibalik itu kehadiran minimarket tersebut membuat pedagang eceran (pedagang toko kelontong / tradisional) merasa tersingkirkan. Melihat hal tersebut, pihak PT. Sampoerna Tbk mengeluarkan program Sampoerna Reail Community (SRC) yang bertujuan untuk membantu dan membimbing toko kelontong agar bisa bersaing dengan tokotoko modern. Sebagai umat Islam kita harus menjalankan suatu hal harus dengan ketentuan syariat islam, Didalam kerjasama ini tidak ada percampuran modal di awal, melainkan pemilik toko kelontong modal sendiri dan pihak SRC hanya memberikan pelatihan secara berkelanjutan, selain itu didalam perjanjian awal ada syarat-syarat yang harus dipenuhi mitra, tetapi tidak sedikit mitra yang tidak mengikuti aturan. Berdasarkan latar belakang tersebut maka focus peneliitian ini adalah: 1) Bagaimana Penerapan Kemitraan di Toko SRC desa Tulungrejo? 2) Bagai mana Penerapan Kemitraan di Toko SRC desa Tulungrejo menurut prespektif Syari‟ah? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari HRD PT. Sampoerna Tbk, pemilik toko kelontong. Analisis ini dilakukan dengan cara reduksi data atau penyerhanaan, sajian / paparan data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil dari penilitian ini adalah Kemitraan yang ada diantara SRC dan Toko kelontong menggunakan pola inti plasma, dimana pihak Sampoerna sebagai Intinya karena berfungsi untuk memberikan pengarahan dan bimbingan kepada pemilik toko. Sementara pemilik toko kelontong menjadi plasmanya, karena mereka yang menjadi penggerak atas bimbingan-bimbingan yang diberikan dari pikah SRC. Sedangkan yang ke dua menurut Perspektif Syari‟ah yaitu kemitraan ini termasuk kedalam praktik akad kafalah, dimana tidak ada percampuran modal dan bagi hasil dalam praktik ini, melainkan pihak SRC hanya memberikan jaminan kepada pemilik toko kelontong, bahwasanya toko kelontong mereka dijamin akan lebih berkembang lagi dan bersaing dengan toko kelontong lain. Dimana pihak SRC juga memberikan syarat yaitu tentang peletakan rokok merk sampoerna yang harus diletakkan didepan kasir dengan posisi berdiri, sementara untuk produk rokok lain harus diletakkan di belakang kasir dengan posisi tidur. Kemudian juga pihak toko wajib menempel scan barcode untuk Aplikasi berbelanja online menggunakan Aplikasi Ayo SRC. Dengan adanya syarat tersebut terkadang masih juga ada yng masih melanggar seperti tidak menempel barcode, tidak ikut pertemuan, tidak mengikuti saran yang di berikan. Dll.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150306 Industrial Relations 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 30 May 2022 03:44 |
Last Modified: | 30 May 2022 03:44 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4517 |
Actions (login required)
View Item |