Kualitas Pelayanan Ditinjau Dari Syariah Marketing Di UPTD Puskesmas Blabak Kabupaten Kediri

Elviani, Nuril Auliya (2021) Kualitas Pelayanan Ditinjau Dari Syariah Marketing Di UPTD Puskesmas Blabak Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931319214_prabab.pdf

Download (393kB)
[img] Text
931319214_bab1.pdf

Download (290kB)
[img] Text
931319214_bab2.pdf

Download (271kB)
[img] Text
931319214_bab3.pdf

Download (99kB)
[img] Text
931319214_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
931319214_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
931319214_bab6.pdf

Download (123kB)
[img] Text
931319214_daftarpustaka.pdf

Download (180kB)
[img] Text
931319214_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)

Abstract

ABSTRAK NURIL AULIYA ELVIANI Dosen Pembimbing Sri Anugrah Natalina, SE, MM Dan Arif Zunaidi, SHI, MEI Kualitas Pelayanan Ditinjau Dari Syariah Marketing di UPTD Puskesmas Blabak Kabupaten Kediri. IAIN 2021. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Syariah Marketing Pada dasarnya kualitas pelayanan yang terdapat di puskesmas didasari oleh sikap dari pasien yaitu pandangan tentang pelayanan yang diterima secara nyata dan pelayanan tersebut sesuai dengan harapan pasien tersebut. Jika pelayanan yang diberikan oleh puskesmas sesuai dengan harapan pasien maka, dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan di puskesmas tersebut baik. Dalam pandangan syariah marketing kualitas pelayanan harus sesuai dengan akidah dan konsep-konsep yang diajarkan oleh agama Islam. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan di UPTD Puskesmas Blabak dan bagaimana kualitas pelayanan di UPTD Puskesmas Blabak ditinjau dari Syariah Marketing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik atau metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, pengamatan atau observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di UPTD Puskesmas Blabak tersebut berdasarkan dimensi-dimensi dari kualitas pelayanan yakni bukti fisik (Tangible), keandalan (Realibility), daya tanggap (Responsiveness), jaminan dan kepastian (Assurance) dan empati (Emphaty) secara keseluruhan sudah cukup baik dalam memberikan pelayanan. Petugas puskesmas yang sopan, ramah, dan bertanggungjawab menjadi nilai lebih dalam hal memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan dari pasien tersebut. pelayanan ditinjau dari Syariah Marketing yang sesuai dengan karakteristik Syariah Marketing yakni Ketuhanan (Rabbaniyyah), Etis (Akhlakqiyyah), Realistis (Al-Waqi‟iyah), dan Humanis (Al-Insaniyyah). Dapat dikatakan pelayanan di UPTD Puskesmas Blabak ditinjau dari Syariah Marketing tersebut sudah cukup sesuai dengan konsep pelayanan pada Syariah Marketing yang mana pelayanan tersebut berdasarkan pada ajaran aqidah dalam agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1504 Commercial Services > 150401 Food and Hospitality Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 30 May 2022 03:32
Last Modified: 30 May 2022 03:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4514

Actions (login required)

View Item View Item