Laily, Neny Nur (2021) Pengaruh Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pensil Alis Viva (Studi Pada Siswa Lembaga Kursus dan Pelatihan Casandra Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931313815_prabab.pdf Download (295kB) |
|
Text
931313815_bab1.pdf Download (247kB) |
|
Text
931313815_bab2.pdf Download (274kB) |
|
Text
931313815_bab3.pdf Download (231kB) |
|
Text
931313815_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
|
Text
931313815_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
|
Text
931313815_bab6.pdf Download (164kB) |
|
Text
931313815_daftarpustaka.pdf Download (128kB) |
|
Text
931313815_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
Abstract
ABSTRAK Neny Nur Laily, 2020. Pengaruh Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian pada Pensil Alis Viva (Studi Pada Siswa Lembaga Kursus dan Pelatihan Casandra Kediri), Dosen Pembimbing Dr. Hj. Naning Fatmawatie, SE., MM. dan Dijan Novia Saka, SE., M.M., Ekonomi Syariah, FEBI, IAIN Kediri. Kata Kunci : Kelompok Referensi, Keputusan Pembelian, Lembaga Kursus Kelompok referensi disebut juga sebagai acuan atau rujukan. Kelompok referensi merupakan sekelompok orang yang secara nyata mempengaruhi perilaku seorang secara langsung atau tidak langsung. Kelompok referensi ini berguna sebagai referensi seseorang dalam pengambilan keputusan. Sedangkan keputusan pembelian adalah tindakan dari konsumen untuk mau membeli atau tidak terhadap produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelompok referensi, keputusan pembelian serta pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan pembelian pada merek pensil alis Viva pada siswa Lembaga Kursus dan Pelatihan Casandra Kediri. Penelitian ini termasuk penelitian kausal asosiatif yang meneliti pengaruh hubungan variabel bebas dan variabel terikat. Sedangkan berdasarkan data, penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen produk pensil alis Viva yang juga merupakan siswa Lembaga Kursus dan Pelatihan Casandra, yakni sejumlah 63 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel total yakni jumlah seluruh siswa konsumen produk pensil alis Viva yang berjumlah 63 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, analisis data mengunakan metode regresi linier sederhana dan analisis korelasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa variabel kelompok referensi (X) termasuk dalam kategori cukup dan variabel keputusan pembelian (Y) termasuk dalam kategori cukup. Dari hasil perhitungan korelasi menunjukkan bahwa nilai r sebesar 0,535 berarti berkorelasi cukup kuat. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y=32,839 + 0,508X. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh nilai t hitung adalah sebesar 4,951. Nilai t tersebut akan dibandingkan dengan nilai t tabel (n= 63, df=1) yaitu 1.669 dan nilai signifikasi (Sig.) 0,000 < 0,05. Dapat dibuktikan bahwa thitung > ttabel atau taraf signifikan ≤ 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh yang nyata (signifikan) variabel kelompok referensi (X) terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Besarnya angka koefisien determinasi (r square) menunjukkan nilai 0,661, hal tersebut menyatakan bahwa kelompok referensi menyumbang pengaruh sebesar 66,1% terhadap keputusan pembelian, sedangkan 33,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak menjadi bahasan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 25 May 2022 03:41 |
Last Modified: | 25 May 2022 03:41 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4468 |
Actions (login required)
View Item |