Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar di JII Periode 2015-2019)

Afifa, Ema Nur (2021) Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar di JII Periode 2015-2019). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931310316_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931310316_bab1.pdf

Download (456kB)
[img] Text
931310316_bab2.pdf

Download (630kB)
[img] Text
931310316_bab3.pdf

Download (589kB)
[img] Text
931310316_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text
931310316_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text
931310316_bab6.pdf

Download (322kB)
[img] Text
931310316_daftarpustaka.pdf

Download (327kB)
[img] Text
931310316_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)

Abstract

ABSTRAK EMA NUR AFIFA, Dosen Pembimbing Dr. H. Ahmad Syakur, LC., M.EI, dan Binti Mutafarida, M.EI. Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di JII Periode 2015-2019). Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimaan pengungkan Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) periode 2015-2019, dan apakah pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) pada periode 2015-2019. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel independen yaitu pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR), dan variabel dependen yaitu nilai perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di JII pada periode 2015-2019, dengan sampel yang digunakan sebanyak 65 sampel. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu dengan menganalisis data laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di JII dengan mengakses melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) secara konsisten pada periode 2015 hingga 2019 memiliki nilai maximum pengungkapan sebesar 0,78, sedangkan nilai minimum pengungkapan sebesar 0,53, semakin baik perusahaan melakukan pengungkapan pada setiap item yang ada dalam Islamic Social Reporting (ISR) maka akan semakin positif pula pandangan para investor terhadap perusahaan. Serta pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan yang terdaftar di JII pada periode 2015-2019, hal ini didasarkan pada variabel Islamic Social Reporting (ISR) memiliki nilai koefisien regresi sebesar 86,471 bernilai positif dan memiliki nilai t-hitung sebesar 2,625 > t-tabel 1,669 serta memiliki nilai signifikansi sebesar 0,011 < 0,05. Pengungkapan ISR yang dilakukan oleh perusahaan akan meningkatkan nilai perusahaan, dimana hal ini akan memberikan efek positif dimata para pemangku kepentingan maupun calon investor.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150306 Industrial Relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 25 May 2022 03:02
Last Modified: 25 May 2022 03:02
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4464

Actions (login required)

View Item View Item