Apreliawati, Resita (2021) Strategi Membangun Brand Image Dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan (Studi Kasus Di SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92400819017_prabab.pdf Download (893kB) |
|
Text
92400819017_bab1.pdf Download (461kB) |
|
Text
92400819017_bab2.pdf Download (555kB) |
|
Text
92400819017_bab3.pdf Download (474kB) |
|
Text
92400819017_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
|
Text
92400819017_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
|
Text
92400819017_bab6.pdf Download (229kB) |
|
Text
92400819017_daftarpustaka.pdf Download (403kB) |
|
Text
92400819017_suratpernyataan.pdf Download (415kB) |
Abstract
STRATEGI MEMBANGUN BRAND IMAGE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING LEMBAGA PENDIDIKAN (Studi Kasus di SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur) Resita Apreliawati 92400819017 Manajemen Pendidikan Islam – Pascasarjana resitaaprilia96@gmail.com Dr. Mukhammad Abdullah, M.Ag. dan Dr. Hj. Munifah, M.Pd. ABSTRAK Kata Kunci: Strategi, Brand Image, Daya Saing Jumlah lembaga pendidikan yang bermunculan hari ini telah membuat persaingan semakin ketat. Sekolah bersaing untuk sebanyak mungkin memperoleh peserta didik tanpa melupakan kualitas pendidikan. Untuk meningkatkan daya saing lembaga pendidikan, membangun brand image merupakan salah satu strategi yang digunakan oleh lembaga pendidikan untuk menanggapi persaingan yang semakin kompetitif dalam upaya merekrut peserta didik. Untuk meningkatkan daya saing lembaga pendidikan, membangun brand image merupakan salah satu strategi yang digunakan oleh lembaga pendidikan untuk menanggapi persaingan yang semakin kompetitif dalam upaya merekrut peserta didik. Dengan membangun brand image, diharapkan lembaga pendidikan akan semakin baik dan selanjutnya akan mempengaruhi calon peserta didik dalam memilih sekolah untuk mengenyam pendidikan. Penelitian strategi membangun brand image dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui unsur pembentuk brand image di SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur; 2) Mengetahui strategi sekolah membangun brand image dalam meningkatkan daya saing di SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur; 3) Mengetahui kendala dan solusi pembentukan brand image dalam meningkatkan daya saing di SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus. Cara pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan empat teknik, yaitu 1) Observasi; 2) Wawancara; 3) Dokumentasi; dan 4) Triangulasi Data. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Unsur pembentuk brand image di SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur adalah mutu, dapat dipercaya, memiliki kegunaan atau manfaat, memberikan pelayanan yang baik, harga yang bersaing dan citra merek; 2) Strategi sekolah membangun brand image dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan adalah menentukan tipe dan tujuan strategi, faktor daya saing, cara menentukan daya saing serta sikap dan langkah dalam bersaing; 3) Kendala dan solusi pembentukan brand image dalam meningkatkan daya saing di SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur adalah tedapat beberapa permasalahan internal ataupun eksternal kemudian cara penyelesaian yang dilakukan adalah dengan evaluasi dan pemilihan solusi alternatif oleh pihak sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Resita Apreliawati |
Date Deposited: | 24 May 2022 03:52 |
Last Modified: | 24 May 2022 03:52 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4450 |
Actions (login required)
View Item |