Zulfa, Yunifa Sivana (2021) Sistem Informasi Manajemen (SIM) Berbasis Teknologi Informasi (TI) Dalam Pengelolaan Dan Peningkatan Pelayanan Administrasi Sekolah (Studi Kasus Di SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92400819023_prabab.pdf Download (699kB) |
|
Text
92400819023_bab1.pdf Download (440kB) |
|
Text
92400819023_bab2.pdf Download (607kB) |
|
Text
92400819023_bab3.pdf Download (333kB) |
|
Text
92400819023_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) |
|
Text
92400819023_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
|
Text
92400819023_bab6.pdf Download (297kB) |
|
Text
92400819023_daftarpustaka.pdf Download (311kB) |
|
Text
92400819023_suratpernyataan.pdf Download (395kB) |
Abstract
ABSTRAK Yunifa Sivana Zulfa, 2021, Sistem Informasi Manajemen (SIM) Berbasis Teknologi Informasi dalam Pengelolaan dan Peningkatan Pelayanan Administrasi Sekolah (Studi Kasus di SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur), Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing: 1. Dr. Hj. Munifah, M.Pd. 2. Dr. Mukhammad Abdullah, M.Ag. Kata Kunci: Sistem Informasi Manajemen, Teknologi Informasi, Manajemen Pelayanan. Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan zaman, maka layanan pendidikan yang tersedia juga menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah. Karakteristik tantangan manajemen tersebut merupakan kompetisi global, akan tetapi harus berbasis teknologi informasi. Sejalan dengan perkembangan global, sekolah menghadapi tantangan di bidang manajerial yang cukup mendasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) untuk mengetahui bentuk pelayanan administrasi di SMAN 5 Taruna Brawijaya. (2) untuk mengetahui pemanfaatan sistem informasi manajemen (SIM) berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan pelayanan administrasi di SMAN 5 Taruna Brawijaya. (3) untuk mengetahui dampak penerapan sistem informasi manajemen (SIM) berbasis teknologi informasi dalam pengelolaan dan peningkatan pelayanan administrasi di SMAN 5 Taruna Brawijaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk layanan yang disediakan di SMAN 5 Taruna Brawijaya adalah pengelolaan tata usaha, layanan bagian administrasi dan surat menyurat, layanan kesiswaan, layanan sarana prasarana, layanan hubungan masyarakat, layanan PPDB, dan layanan keamanan. Pemanfaatan SIM berbasis teknologi informasi di SMAN 5 Taruna Brawijaya yang membantu dalam proses administrasi baik di bidang pembelajaran, keamanan, kesiswaan, administrasi persuratan, perpustakaan, pendaftaran sekolah dan lain sebagainya. Dampak pemanfaatan SIM berbasis teknologi informasi seperti Pekerjaan yang dikerjakan menjadi lebih efisien, efektif dan tertata rapi, dalam hal kearsipan pun pihak sekolah menjadi lebih mudah dalam penataannya karena arsip yang digunakan sudah berupa softfile. Dampak negatif dalam penggunaan sistem informasi manajemen berbasis teknologi informasi ini yaitu banyak guru/tenaga kependidikan yang merasa bahwa pekerjaannya terhambat karena harus mengikuti alur sistem yang tersedia.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Yunifa Sivana Zulfa |
Date Deposited: | 24 May 2022 03:54 |
Last Modified: | 24 May 2022 03:54 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4443 |
Actions (login required)
View Item |