Analisi Implementasi Dan Implikasi Digital Fundraising Sebagai Strategi Peningkatan Pendapatan Dana Zakat Infaq Sedekah Studi Pada Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Muhammadiyah Pusat

Basri, Achmad Hasan (2021) Analisi Implementasi Dan Implikasi Digital Fundraising Sebagai Strategi Peningkatan Pendapatan Dana Zakat Infaq Sedekah Studi Pada Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Muhammadiyah Pusat. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92500819002_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92500819002_bab1.pdf

Download (765kB)
[img] Text
92500819002_bab2.pdf

Download (379kB)
[img] Text
92500819002_bab3.pdf

Download (245kB)
[img] Text
92500819002_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
92500819002_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
92500819002_bab6.pdf

Download (98kB)
[img] Text
92500819002_daftarpustaka.pdf

Download (228kB)
[img] Text
92500819002_suratpernyataan.pdf

Download (422kB)

Abstract

Basri, Achmad Hasan 2021, Analisis Implementasi Dan Implikasi Digital Fundraising Sebagai Strategi Peningkatan Pendapatan Dana Zakat Infaq Sedekah Studi Pada Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Muhammadiyah Pusat, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing : 1, Dr. H. Ahmad Syakur,Lc., MEI. 2. Dr. Zayad Abd. Rahman, M.HI. Kata Kunci : Digital Fundraising, Strategi Peningkatan Pendapatan, Dana Zakat Infaq Sedekah Digital fundraising merupakan sistem jaringan yang menggunakan teknologi tinggi (high-tech). Digital fundraising memberikan kemudahan kepada muzzaki dalam pembayaran zakat, dibandingkan membayar langsung secara manual di kantor-kantor atau konter LAZ. Sistem digital fundraising menjadikan zakat lebih dekat dengan masyarakat dan generasi muda saat ini, karena sistem pembayaran digital fundraising digunakan sebagian besar masyarakat. Kinerja amil zakat terlihat lebih profesional dan kepercayaan masyarakat meningkat terhadap hasil kinerja amil zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi digital fundraising di lembaga amil zakat infaq sedekah Muhammadiyah dan peran digital fundraising sebagai salah satu strategi peningkatan pendapatan dana zakat infaq sedekah di lembaga amil zakat infaq sedekah Muhammadiyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan sumber data primer dari wawancara langsung dengan Pimpinan dan devisi fundraising lembaga amil zakat infaq sedekah Muhammadiyah Pusat dan data sekunder dari laporan keuangan fundraising lembaga amil zakat infaq sedekah Muhammadiyah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi digital fundraising yang ada di Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Muhammadiyah Pusat adalah menggunakan dan bekerjasama dengan beberapa platform-platform digital yang ada saat ini diantaranya a). QR Code/ Virtual account rekening b). dengan menggunakan website c). dengan menggunakan sosial media/sosial network. d). dengan bekerjasama dengan platform-platform jual beli / e-commerce yang ada di Indonesia. e). dengan bekerjasama dengan platform-platform penyedia layanan dompet digital/e-wallet. Sedangkan implikasi dari digital fundraising sebagai setratregi peningkatan pendapatan dana zakat infaq sedekah di Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Muhammadiyah pusat sangat berperan dengan baik dan efisien diantaranya a). peningkatan pendapatan sebesar 35% dibandingkan dengan sebelum adanya implementasi digital fundraising, b). peningkatan donatur sebesar 100% dibandingkan dengan sebelum adanya digital fundraising, c). implikasi digital fundraising juga memudahkan pihak Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Muhammadiyah pusat dalam mendata dan menghitung pendapatan yang ada setiap tahunnya d). Implikasi digital fundraising juga memudahkan Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Muhammadiyah pusat dalam menjalin dan menjaga komunikasi dengan para donatur yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012716 Waqf, Zakah, Infaq, Shadaqah
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Achmad Hasan Basri
Date Deposited: 19 May 2022 06:50
Last Modified: 19 May 2022 06:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4412

Actions (login required)

View Item View Item