Kurniasari, Rosalia Febri (2021) تطوير المعجم المساعد لترقية كفاءة المفردات العربية لدى الطالب في الفصل السابع من المدرسة المتوسطة هاشم أشعري باتو. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932501817_prabab.pdf Download (900kB) |
|
Text
932501817_bab1.pdf Download (682kB) |
|
Text
932501817_bab2.pdf Download (594kB) |
|
Text
932501817_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (704kB) |
|
Text
932501817_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932501817_bab5.pdf Download (537kB) |
|
Text
932501817_daftarpustaka.pdf Download (549kB) |
|
Text
932501817_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran bahasa Arab, siswa harus memahami dan mengetahui arti dari setiap kosakata dari buku yang digunakan, karena memahami dan mengetahui arti dari kosakata tersebut merupakan manfaat yang besar dan akan membantu siswa dalam mempelajari bahasa Arab. Salah satu sarana yang membantu mereka untuk memahaminya adalah dengan adanya kamus bantu, khususnya bagi siswa yang tidak berbahasa Arab. Di MTs Hasyim Asy’ari Batu terdapat permasalahan yaitu kesulitan siswa dalam mencari arti dari kosakata yang dicari dan kurangnya kamus bantu dari buku bahasa yang digunakan sesuai dengan kebutuhan siswa. Kamus yang ada di sekolah adalah kamus umum, dan kamus tersebut tidak didesain sesuai dengan kebutuhan siswa. Jika siswa ingin mencari arti dari kosa kata, dia harus terlebih dahulu mengetahui dan memahami asal kata, sedangkan pembelajaran bahasa Arab pada tahap menengah berhubungan langsung dengan topik. Jadi siswa membutuhkan kamus pembantu mereka sendiri. Dari sini, peneliti membuat kamus baru untuk membantu siswa memahami buku, terutama untuk meningkatkan penguasaan kosakata. Rumusan masalah: 1) Bagaimana Pengembangan kamus Bantu untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab pada siswa kelas VII di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu?. 2) Bagaimana efektivitas penggunaan kamus Bantu untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab pada siswa kelas VII di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu?. Tujuan penelitian: 1) Melakukan Pengembangan kamus Bantu untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab pada siswa kelas VII di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu. 2) Mengetahui keefektifan penggunaan kamus Bantu untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab pada siswa kelas VII di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model Brog and Gall. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) pengembangan metode ini menggunakan Brog and Gall yang terdiri dari enam tahap yaitu analisis kebutuhan dan masalah, pembuatan produk, validasi ahli, perbaikan produk, uji coba keefektifan dan perbaikan produk akhir. 2) keefektifan kamus bantu dengan melihat hasil dari pre-test dan post-test siswa, nilai t = 12,862 nilai uji t lebih besar dari nilai table pada taraf signifikansi 5% dengan df 30 = 2,04. Sedangkan untuk uji-T Paired sample diperoleh nilai (Sig.2 Tailed) < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test (H0 ditolak Ha diterima). Hal ini menunjukkan bahwa kamus bantu dapat meningkatkan pengetahuan siswa kelas VII di MTs Hasyim Asy’ari Batu dalam pembelajaran bahasa Arab efektif
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 03:19 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 03:19 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4321 |
Actions (login required)
View Item |