Achmad, Siti Dewi Zulaikhah (2022) Gambaran Kemandirian Belajar Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid -19(Studi Kasus di Lembaga Taman Kanak-Kanak RA Al-Falah Kelompok Belajar B Mukuh Tahun 2021). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933414916_prabab,.pdf Download (949kB) |
|
Text
933414916_bab1,.pdf Download (226kB) |
|
Text
933414916_bab2,.pdf Download (304kB) |
|
Text
933414916_ bab3,.pdf Download (233kB) |
|
Text
933414916_bab4,.pdf Restricted to Registered users only Download (773kB) |
|
Text
933414916_bab5,.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
|
Text
933414916_daftarpustaka,.pdf Download (305kB) |
Abstract
Di masa pandemi covid-19 lembaga RA Al-Falah menerapkan sistem belajar yang berbeda yaitu di rumah murid. Keberbedaan lingkungan sekolah dan di di rumah murid tampak mempengaruhi kemandirian belajar anak. Karena itu peneliti ingin meneliti mengetahui gambaran kemandirian belajar anak usia dini di RA Al-Falah di masa pandemi covid-19. Fokus masalah pada penelitian yaitu; 1) Bagaimana gambaran kemandirian belajar anak usia dini di RA Al-Falah di masa pandemi covid-19. 2) Bagaimana upaya guru menumbuhkan prinsip kemandirian belajar pada anak usia dini di RA Al-Falah, di masa pandemi covid-19. 3) Faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar anak usia dini di RA Al-Falah kelompok belajar B di masa pandemi covid-19 Pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Sumber data guru, 4 siswa dan 4 wali murid. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini yaitu; 1) Ada anak menunjukkan kemandirian dan ada anak menunjukkan ketidakmandirian. Anak mandiri mampu secara emosi tidak bergantung dengan orang lain ketika belajar.Orang tua dan guru mengajarkan kemandirian belajar pada anak melalui anak bertanggung jawab dan mampu berinisiatif mengambil keputusan dalam belajar maupun dalam kehidupan sehari-hari. Adanya dukungan orang tua dengan diberi tanggung jawab dan mampu bersikap mandiri tanpa bergantung orang lain sejak usia kecil. Anak belum mandiri belum mampu secara emosi masih bergantung dengan orang tua dalam belajar maupun kehidupan sehari-hari. Orang tua tidak mendukung kemandirian belajar anak sejak kecil dengan tidak diberi tanggung jawab dan selalu membuat anak bergantung. 2) Upaya guru mengembangkan kemandirian belajar pada siswa dengan memberi tugas, adanya komunikasi, bercakap-cakap adanya tanya jawab dan bercerita di mana guru mengembangkan anak berimajinasi melalui cerita. Dan motivasi berupa mengangkat jempol dan 2 dan memberi nilai bintang agar anak termotivasi. 3). Faktor kemandirian belajar dukungan orang tua dan guru dengan memberi kesempatan anak bertanggung jawab menyelesaikan tugas dan mampu mengambil keputusan sendiri tanpa bergantung dengan orang lain, dan faktor pola asuh, orang tua dan guru mengajarkan anak bertanggung jawab dengan diberi kesempatan untuk mandiri di masa pandemi covid-19 dengan lingkungan belajar baru di mana anak dapat berkreatif, belajar tanpa bergantung orang tua, bertanggung jawab menyelesaikan tugas dan berinisiatif dan bersosialemosi di lingkungan belajar saat ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Siti Dewi Zulaikhah Achmad |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 01:49 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 01:49 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4289 |
Actions (login required)
View Item |