Self Regulated Learning Mahasiswa Baru IAIN Kediri 2020/2021 Dalam Pembelajaran Daring

Prasiska, Nurwanda Widiya (2021) Self Regulated Learning Mahasiswa Baru IAIN Kediri 2020/2021 Dalam Pembelajaran Daring. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933411617_prabab.pdf

Download (512kB)
[img] Text
933411617_bab1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
933411617_bab2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
933411617_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
933411617_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
933411617_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
933411617_bab6.pdf

Download (3MB)
[img] Text
933411617_daftarpustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text
933411617_suratpernyataan.pdf

Download (348kB)

Abstract

NURWANDA WIDIYA PRASISKA. Pembimbing (1) Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi dan (2) Luthfi Atmasari, M. Psi, Psikolog. Self Regulated Learning Mahasiswa Baru IAIN Kediri 2020/2021 Dalam Pembelajaran Daring, Progam Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri. 2021. Kata Kunci: Self Regulated Learning, Mahasiswa Baru 2020/2021, Pembelajaran Daring Self Regulated Learning merupakan suatu proses kegiatan belajar inidvidu secara aktif untuk mengatur proses belajarnya sendiri, mulai dari merencanakan, memantau, mengontrol dan mengevaluasi dirinya secara sistematis untuk mencapai tujuan belajarnya. Mahasiswa baru ialah sebutan bagi seseorang yang bau saja menempuh masa transisi dari SMA ke dunia pendidikan di Perguruan Tinggi, akademik pada suatu universitas, tentu banyak hal-hal baru yang sebelumnya belum mahasiswa baru ketahui. Namun karena adanya pandemi covid-19, mengharuskan mereka tetap melakukan belajar dalam perkuliahannya secara daring (dari dalam jaringan).Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran aspek-aspek self regulated learning pada mahasiswa baru 2020/2021 IAIN Kediri, (2) faktor yang mempengaruhi self regulated learning pada mahasiswa baru 2020/2021 IAIN Kediri dalam pembelajaran daring.Metode yang digunakan dalam pendekatan ini menggunakan pendekatan penelitian kulaitatif dengan desain studi kasus dengan 5 subjek mahasiswa baru dan 4 significant other. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara,(2) observasi, (3) dokumentasi. Analisis data melalui tiga proses yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi data sumber. Hasil penelitian ini yakni menunjukan:(1) bahwa kelima subjek mahasiswa baru 2020/2021 dalam belajarnya memiliki self regulated learning yang baik, hal ini dibuktikan ketika subjek dapat mengatur proses belajarnya sendiri, kelima subjek juga mampu mengarahkan dirinya pada tujuannya yang ingin dicapai, serta mengatasi kesulitan-kesulitan yang ada pada dirinya sendiri. Menurut peneliti hal tersebut adalah sesuatu yang sangat penting untuk dimiliki seseorang khususnya mahasiswa baru yang mengadapi awal dunia perkuliahan dengan kondisi daring. (2) faktor yang mempengaruhi self regulated learning ada tiga yaitu, individu, perilaku dan lingkungan. Dimana ketiganya saling berkaitan satu sama lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Nurwanda Widiya Prasiska
Date Deposited: 19 Apr 2022 04:04
Last Modified: 19 Apr 2022 04:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4238

Actions (login required)

View Item View Item