Diffani, Dinang (2022) Mata’ Dalam Al-Qur’an: Wawasan Tentang Kefanaan Dan Kesenangan Dunia Serta Implikasinya Terhadap Self Image. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933800717_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
933800717_bab1.pdf Download (739kB) |
|
Text
933800717_bab2.pdf Download (871kB) |
|
Text
933800717_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
933800717_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) |
|
Text
933800717_bab5.pdf Download (273kB) |
|
Text
933800717_daftarpustaka.pdf Download (340kB) |
|
Text
933800717_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) |
Abstract
DINANG DIFFANI, 2022. MATA>’ DALAM AL-QUR’AN: Wawasan Tentang Kefanaan dan Kesenangan Dunia serta Implikasinya Terhadap Self Image, Skripsi, Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. A. Halil Thahir, M. HI. dan (2) Qoidatul Marhumah, Lc., M. Th. I. Kata Kunci : Mata>’, kesenangan dunia, self image, brand minded Al-Qur’an merupakan kitab dimana merupakan inti dan pokok bagi umat Islam. Di dalamnya banyak menerangkan tentang bagaimana semestinya kita menyikapi hidup di dunia. Dunia tidak lain adalah seperti barang-barang kecil yang memberi manfaat atau kesenangan namun sifatnya sementara, sebenarnya ia memperdaya, tetapi banyak orang yang menganggapnya sebagai sesuatu yang sangat berharga, sedangkan kebahagiaan yang abadi adalah kebahagiaan di akhirat. Dalam penelitian ini, penulis berusaha mengkaji mata>’ dalam perspektif al-Qur’an, kemudian dari hasil penelitian tersebut penulis gunakan untuk menganalisis self image pada brand minded. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research) yang dilakukan dengan mencari dan mengumpulkan data yang sesuai dengan tema menggunakan sumber data primer berupa al-Qur’an dan sumber data sekunder berupa kitab-kitab tafsir, buku, jurnal artikel, skripsi yang membahas tentang mata>’ dalam al-Qur’an. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis dan metode maud}u>’i> atau tematik. Dari hasil temuan data dan analisisnya, penulis menarik kesimpulan bahwa mata>’ dalam kehidupan dunia adalah kesenangan yang sifatnya sementara karena hakikat kebahagiaan adalah di akhirat. Ketika segala sesuatu diorientasikan kepada Allah, hal itu akan menjadi nilai ibadah bagi orang yang melakukannya. Implikasi mata>’ dalam al-Qur’an terhadap self image pada brand minded, pada orang yang beriman menimbulkan self image yang positif, sedangkan pada orang yang tidak beriman menimbulkan self image yang negatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040303 Al-Qur'an and Related Science (Al-Qur’an dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030308 Contents of the Qur'an (Kandungan Al-Qur’an) |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Depositing User: | Dinang Diffani |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 02:45 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 02:45 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4189 |
Actions (login required)
View Item |