Perkembangan Kognitif Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Yang Menggunakan Gawai (Penelitian Di Rumah Autis Cahaya Harapan Kediri)

Khasanah, Anikmatul (2020) Perkembangan Kognitif Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Yang Menggunakan Gawai (Penelitian Di Rumah Autis Cahaya Harapan Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933404416_prabab.pdf

Download (723kB)
[img] Text
933404416_bab1.pdf

Download (270kB)
[img] Text
933404416_bab2.pdf

Download (376kB)
[img] Text
933404416_bab3.pdf

Download (282kB)
[img] Text
933404416_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
933404416_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
933404416_bab6.pdf

Download (261kB)
[img] Text
933404416_daftarpustaka.pdf

Download (226kB)
[img] Text
933404416_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan kognitif menurut Piaget yaitu proses individu yang mengintegrasikan faktor hereditas, kematangan internal, pengalaman dan transmisi sosial. Sedangkan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) adalah anak dengan karakteristik yang berbeda dari anak normal tanpa menunjukkan emosi, ketidakmampuan mental atau fisik. Keterkaitan dari keduanya yaitu yang mana dari anak berkebutugan khusus dalam kegiatan sehari-hari mereka menggunakan gawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek perkembangan kognitif pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang menggunakan gawai dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang menggunakan gawai di Rumah Autis Cahaya Harapan Kediri. Penelitian menggunakan teori perkembangan kognitif yang dikemukakan oleh Jean Piaget. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus pada 4 informan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yaitu anak tunagrahita, slow learner, autis dan attention deficit hyperactive disorder (ADHD). Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara terstruktur (2) observasi (3) dokumentasi. Analisis data melalui 3 proses, yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini disampaikan bahwa pada perkembangan kognitif keempat subyek Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang menggunakan gawai yaitu dari tiap kasus yang dialami subyek memiliki aspek perkembangan kognitif yang berbeda. Sedangkan untuk faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang menggunakan gawai tidak menunjukkan adanya akibat dari penggunaan gawai secara kompleks atau menyeluruh. Pada S1 gangguan perkembangan kognitif dialami sejak usia balita, S2 kasus perkembangan kognitif dikarenakan lingkungan bermain, S3 gangguan perkembangan kognitif dialami sejak usia balita, dan S4 gangguan perkembangan kognitif muncul disebabkan oleh kebiasaan melihat kartun upin ipin yang membuat perilakunya berubah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 31 Mar 2022 01:59
Last Modified: 31 Mar 2022 01:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4024

Actions (login required)

View Item View Item