Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Tingkat Kemandirian Belajar Masa Kanak-Kanak Akhir Di Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Kumon Candra Kirana Kota Kediri

Khusna, Miftakul (2021) Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Tingkat Kemandirian Belajar Masa Kanak-Kanak Akhir Di Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Kumon Candra Kirana Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933400315_prabab.pdf

Download (293kB)
[img] Text
933400315_bab1.pdf

Download (209kB)
[img] Text
933400315_bab2.pdf

Download (209kB)
[img] Text
933400315_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
933400315_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
933400315_bab5.pdf

Download (85kB)
[img] Text
933400315_daftarpustaka.pdf

Download (180kB)
[img] Text
933400315_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)

Abstract

Pola asuh merupakan sesuatu yang penting dalam masa perkembangan anak, salah satunya yaitu membentuk kemandirian. Dalam konteks ini pola asuh demokratis dianggap paling menjadikan anak lebih disiplin, bertanggung jawab dan mandiri. Banyaknya orangtua yang tidak memiliki waktu dirumah, sehingga kegiatan belajar anak diserahkan kepada lembaga yang dipercayainya. Salah satu lembaga yang menjadi tujuan para orangtua adalah LBB Kumon yang terkenal dengan visi dan misinya yaitu melatih kemandirian belajar pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui tingkat pola asuh demokratis orangtua di Kumon Candra Kirana Kota Kediri. (2) Mengetahui tingkat kemandirian belajar masa kanak-kanak akhir di Kumon Candra Kirana Kota Kediri. (3) Mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis dengan kemandirian belajar masa kanak-kanak akhir di Kumon Candra Kirana Kota Kediri. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 42 orang yang merupakan orangtua dari siswa yang berusia 6-12 tahun. Analisis yang digunakan yaitu korelasi sederhana product moment. Adapun hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Tingkat kemandirian belajar pada siswa usia kanak-kanak akhir di Kumon Candra Kirana Kota Kediri sebesar 76% dengan jumlah 28 orang siswa yang berarti kemandirian belajar siswa tergolong sedang. (2) Tingkat pola asuh demokratis sebesar 76% dengan jumlah 32 orang yang berarti pola asuh demokratis orangtua termasuk sedang. (3) Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa nilai korelasi sederhana sebesar 0,623 maka terdapat hubungan positif antara pola asuh demokratis dan kemandirian belajar, jika pola asuh demokratis tinggi maka kemandirian belajar pun tinggi. Nilai signifikansinya adalah 0,000 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis dengan kemandirian belajar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa apabila pola asuh demokratis yang diberikan baik maka kemandirian belajar juga akan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:54
Last Modified: 30 Mar 2022 02:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4008

Actions (login required)

View Item View Item