Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Rahn (Jaminan) Di Pegadaian Syariah Jombang

Kaputri, Anggi Alamanda Jofan (2021) Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Rahn (Jaminan) Di Pegadaian Syariah Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931404417_prabab.pdf

Download (640kB)
[img] Text
931404417_bab1.pdf

Download (588kB)
[img] Text
931404417_bab2.pdf

Download (585kB)
[img] Text
931404417_bab3.pdf

Download (878kB)
[img] Text
931404417_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text
931404417_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
931404417_bab6.pdf

Download (333kB)
[img] Text
931404417_daftarpustaka.pdf

Download (222kB)
[img] Text
931404417_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Bank syariah di indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat, karena banyak pihak yang lebih memilih menggunakan perbankan dengan sistem non-bunga. Masyarakat Indonesia sendiri memiliki agama, suku, budaya dan bahasa yang sangat beragam. Serta keputusan nasabah merupakan salah satu elemen penting dalam menilai, mendapatkan dan mempergunakan suatu produk untuk memuaskan kebutuhannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk rahn (jaminan) di Pegadain Syariah Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan sampel simple random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak tanpa mencermati strata yang terdapat dalam populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah produk rahn (jaminan) Tahun 2019 yang berjumlah 1482 nasabah. Hasil penelitian mendapatkan bahwa persamaan regresi yang terbentuk adalah Y = 7,253 + 0,531X1 + 0,571X2 + 0,053X3 + 0,246X4. Hasil menunjukkan bahwa variabel budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk rahn (jaminan). Hasil menunjukkan bahwa variabel sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk rahn (jaminan). Hasil menunjukkan bahwa variabel pribadi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk rahn (jaminan). Hasil menunjukkan bahwa variabel psikologis tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk rahn (jaminan). Kemudian diketahui bahwa nilai r 2 (koefisien determinasi) sebesar 0,720 atau 72%. Ini berarti kemampuan variabel bebas (budaya, sosial, prinadi dan psikologis) menjelaskan variabel terikat (keputusan nasabah dalam memilih produk rahn (jaminan)) adalah sebesar 72% sedangkan sisanya 28% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) > 15020303 Pawnshop (Pegadaian; incl. Pegadaian Syariah)
18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012711 Dhaman, Kafalah, Sukuk (Jaminan)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:43
Last Modified: 28 Mar 2022 02:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3988

Actions (login required)

View Item View Item