Zahro, Rofi'atus (2021) Representasi Keluarga Harmonis Pada Iklan Kecap Abc. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933508016_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
933508016_bab1.pdf Download (557kB) |
|
Text
933508016_bab2.pdf Download (912kB) |
|
Text
933508016_bab3.pdf Download (357kB) |
|
Text
933508016_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (839kB) |
|
Text
933508016_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (875kB) |
|
Text
933508016_bab6.pdf Download (343kB) |
|
Text
933508016_daftarpustaka.pdf Download (449kB) |
|
Text
933508016_suratpernyataan.pdf Download (154kB) |
Abstract
ROFI’ATUS ZAHRO 2021. “Representasi Keluarga Harmonis Pada IklanKecap ABC” Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam FakultasUshuluddin dan Dakwah IAIN Kediri, Pembimbing (1) Dr. Ropingi, M.Pd danPembimbing (2) Dr. Prima Ayu Rizqi Mahanani, M.Si Kata Kunci: Keluarga Harmonis, Iklan Kecap ABC, Semiotika Iklan kecap ABC adalah produk yang diproduksi oleh PT. Heinz ABCIndonesia. Sebagai brand kebutuhan memasak kecap ABC mengemban tanggungjawab untuk mendukung kesetaraan gender di dapur. Permasalahan yang dikajidalam penelitian ini adalah mengenai representasi yang terdapat dalam iklankecap ABC di Youtobe versi “Mendukung Kesetaraan di Dapur di HariKesetaraan Perempuan”. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dikarenakandata-data yang diperoleh berupa tanda atau makna iklan itu sendiri. Bertujuanuntuk memperoleh data dengan observasi dan dokumentasi dengan mengamatimaupun menggunakan penggalian data. Sumber data primer dari video iklankecap ABC sedangkan data sekunder sebagai pendukung data primer diperolehdari jurnal, buku, dan internet sebagai referensi mengenai data temuan peneliti.Teori yang digunakan semiotika Roland Barthes yang bertujuan mendapatkantanda-tanda yang ada pada iklan kecap ABC. Dari hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa dalam iklan kecapABC dapat merepresentasikan keluarga harmonis lebih menekankan padakesetaraan gender dalam bentuk saling berbagi peran tanpa mendeskriminasigender. Iklan kecap ABC dideskripsikan dalam pembagian peran domestik, yangbiasanya diidentifikasikan dalam wilayah perempuan, namun suami juga bisamembantu mengurangi beban istri dengan melakukan kegiatan rumah tanggabersama-sama. Tidak hanya peran domestik, peran produktif juga bisa diperankanseorang istri dengan menjadi wanita karir. Sedangkan iklan ini merepresentasikanpada konflik keluarga perbedaan pendapat, kesabaran keluarga denganmemendam amarah dan tetap melaksanakan kegiatan membuat suami ikut sertamembantu istri memasak. Kerjasama antara suami dan istri akan membuatkeluarga tampak harmonis tanpa mendeskriminasi gender. Anggota keluargamemberikan hasil terbaik dengan saling membantu satu sama lain, kasih sayangyang terdapat pada keluarga akan menjadikan keluarga harmonis.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Rofi' Atuszahro |
Date Deposited: | 25 Mar 2022 02:10 |
Last Modified: | 25 Mar 2022 02:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3965 |
Actions (login required)
View Item |