Ridho, Nur Hanifah (2021) Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Selama Pandemi Covid-19 Di MAN 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932402917_prabab.pdf Download (5MB) |
|
Text
932402917_bab1.pdf Download (345kB) |
|
Text
932402917_bab2.pdf Download (312kB) |
|
Text
932402917_bab3.pdf Download (191kB) |
|
Text
932402917_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
|
Text
932402917_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
|
Text
932402917_bab6.pdf Download (99kB) |
|
Text
932402917_daftarpustaka.pdf Download (231kB) |
|
Text
932402917_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu dari proses untuk memajukan suatu bangsa dimana dengan adanya pendidikan diharapkan dapat membantu memaksimalkan manusia menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dalam situasi ancaman pandemi Covid-19 seperti ini, menurut World Bank dapat menyebabkan hasil pendidikan berpotensi menjadi lebih buruk dikarenakan di seluruh belahan bumi hampir semua sekolah di tutup. Oleh karena itu untuk mengatasi sekolah ditutup yaitu dengan menggunakan pembelajaran jarak jauh. Kepala sekolah adalah seorang pemimpin dalam satuan pendidikan yang harus memiliki dasar kepemimpinan yang kuat sehingga dapat mendorong kinerja para guru dengan menunjukkan rasa bersahabat, dekat dan penuh pertimbangan terhadap para guru, baik sebagai individu maupun kelompok. Dalam dunia pendidikan, kepala sekolah sangat berperan dalam menggerakkan berbagai komponen di sekolah, sehingga proses belajar mengajar di sekolah dapat berjalan lancar terutama dalam situasi krisis seperti ini. Sebagaimana seperti yang tertera dalam Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990 Pasal 12 Ayat 1 yaitu bahwa : ―kepala sekolah bertanggungjawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga kependidikan dan pendayagunaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana‖. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala madrasah sebagai manajer, motivator dan evaluasi dalam meningkatkan kinerja guru selama pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan memperoleh sumber data dari kepala madrasah MAN 1 Kediri, Waka Kurikulum, Guru MAN 1 Kediri dan Kepala Tata Usaha MAN 1 Kediri, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan peran kepemimpinan kepala madrasah sebagai manajer di MAN 1 Kediri yaitu dengan melakukan pemberdayaan seperti meningkatkan profesionalitas kinerja guru dengan mengirim diklat ataupun mengikutsertakan dalam workshop, peran kepemimpinan kepala madrasah sebagai motivator di MAN 1 Kediri yaitu dengan selalu menamkan bahwa kerja itu adalah ibadah serta selalu memberikan contoh bagi para bawahannya dan kepala madrasah dalam mengevaluasi yaitu dengan melakukan supervisi dengan adanya lapran kinerja guru sebagai tolak ukur kinerja guru tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 02:30 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 02:30 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3949 |
Actions (login required)
View Item |