Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Dan Pola Asuh Autoritatif Terhadap Regulasi Diri Dalam Belajar Siswa Di SMAN 6 Kota Kediri

Dwi, Novita Kartika Rini (2021) Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Dan Pola Asuh Autoritatif Terhadap Regulasi Diri Dalam Belajar Siswa Di SMAN 6 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932112617_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932112617_bab1.pdf

Download (378kB)
[img] Text
932112617_bab2.pdf

Download (556kB)
[img] Text
932112617_bab3.pdf

Download (801kB)
[img] Text
932112617_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
932112617_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
932112617_bab6.pdf

Download (194kB)
[img] Text
932112617_daftarpustaka.pdf

Download (306kB)
[img] Text
932112617_suratpernyataan.pdf

Download (404kB)

Abstract

Regulasi diri dalam belajar adalah kemampuan seseorang dalam mengatur diri dalam aktifitasnya dengan mengikutsertakan metakognisi, motivasi dan perilaku yang berfokus pada pencapaian tujuan belajarnya. Data di lapangan menunjukkan bahwa sebanyak 60% siswa di SMAN 6 Kota Kediri memiliki regulasi diri yang rendah yang dapat dilihat dari perilaku siswa yang suka terlambat mengumpulkan tugas, absen ketika pembelajaran daring dan motivasi siswa berkurang sehingga berdampak pada hasil belajar yang kurang maksimal. Peneliti berasumsi bahwa hal tersebut dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Dalam penelitian ini, peneliti berfokus pada faktor eksternal berupa dukungan sosial orang tua dan pola asuh autoritatif. Dukungan sosial orang tua adalah dukungan yang diberikan oleh orang tua kepada siswa berupa kepedulian, memberi bantuan dan kenyamanan sehingga anak merasa dihargai, diperhatikan, dan disayangi. Sedangkan pola asuh autoritatif adalah pola asuh yang memberikan kebebasan kepada anak, akan tetapi berada dalam pengawasan orang tua. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) Mengetahui pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap regulasi diri dalam belajar siswa di SMAN 6 Kota Kediri. 2) Mengetahui pengaruh pola asuh autoritatif terhadap regulasi diri dalam belajar di SMAN 6 Kota Kediri. 3) Mengetahui pengaruh dukungan sosial orang tua dan pola asuh autoritatif terhadap regulasi diri dalam belajar di SMAN 6 Kota Kediri. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain korelasi. Subjek penelitian ini siswa kelas X dan XI di SMAN 6 Kota Kediri yang berjumlah 826 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 siswa yang diambil menggunakan rumus slovin. Instrumen yang digunakan adalah angket dukungan sosial orang tua berdasarkan teori Sarafino, angket pola asuh autoritatif berdasarkan teori Baumrind, angket regulasi diri dalam belajar berdasarkan teori Zimmerman dan data dianalisis menggunakan regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian: 1) Ada pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap regulasi diri dalam belajar siswa di SMA Negeri 6 Kota Kediri hasil perhitungan nilai R =0,567 dan R Square=0,322, maka berpengaruh sebesar 32,2% dan sisanya yaitu 67,8% dipengaruhi faktor lain. 2) Ada pengaruh pola asuh autoritatif terhadap regulasi diri dalam belajar siswa di SMA Negeri 6 Kota Kediri hasil perhitungan nilai r =0,621 dan r Square=0,385, yang berarti berpengaruh sebesar 38,5% dan sisanya yaitu 61,5% dipengaruhi faktor lain. 3) Ada pengaruh dukungan sosial orang tua dan pola asuh autoritatif terhadap regulasi diri dalam belajar siswa di SMA Negeri 6 Kota Kediri hasil perhitungan nilai r =0,640 dan nilai r Square= 0,410, yang berarti berpengaruh sebesar 41% dan sisanya yaitu 59% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: DWI NOVITA KARTIKA RINI
Date Deposited: 22 Mar 2022 04:29
Last Modified: 22 Mar 2022 04:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3900

Actions (login required)

View Item View Item