Nu’mani, Achmad Syibly (2019) خصائص تعليم قواعد اللغة العربية في المدرسة الدينية حاج يعقوب ليربيا - كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932506414 PRA BAB.pdf Download (683kB) |
|
Text
932506414 BAB I.pdf Download (464kB) |
|
Text
932506414 BAB II.pdf Download (412kB) |
|
Text
932506414 BAB III.pdf Download (409kB) |
|
Text
932506414 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (904kB) |
|
Text
932506414 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) |
|
Text
932506414 BAB VI.pdf Download (405kB) |
|
Text
932506414 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (309kB) |
Abstract
Pembelajaran Qowa’id adalah hal yang sangat penting dalam Bahasa Arab, setiap lembaga mempunyai karakteristik tersendiri dalam pembelajaran qowa’id, diantaranya adalah Madrasah Diniyah Haji Ya’qub Lirboyo – Kediri, yang mengajarkan qowa’id dengan tujuan untuk mempelajari ilmu-ilmu agama yang bersumber dari kitab kuning. Oleh karena itulah peneliti tertarik melakukan penelitian di Madrasah Diniyah Haji Ya’qub dengan judul “Karakteristik Pembelajaran Qowa’id Bahasa Arab Di Madrasah Diniyah Haji Ya’qub Lirboyo – Kediri” dengan fokus penelitian: 1) Bagaimana pembelajaran qowa’id bahasa arab di Madrasah Diniyah Haji Ya’qub Lirboyo – Kediri? 2) Bagaimana karakteristik pembelajaran qowa’id bahasa arab di Madrasah Diniyah Haji Ya’qub Lirboyo – Kediri?. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus. Data dari lapangan diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Pembelajaran qowa’id di Madrasah Diniyah Haji Ya’qub bertujuan untuk mempelajari ilmu-ilmu agama lain yang disajikan dalam bahasa arab dan bersumber dari kitab kuning, 2) Karakteristik pembelajaran qowa’id di Madrasah Diniyah Haji Ya’qub diantaranya adalah: Menggunakan kitab khusus yang disebut taqrirot, Bagi setiap santri diwajibkan menulis materi yang akan diajarkan, Diwajibkan menghafalkan materi yang sudah diajarkan pada pertemuan sebelumnya dan materi yang telah ditentukan (sesuai tingkatan) pada Muhafadhoh Akhirus Sannah sebagai syarat kenaikan kelas, dan adanya kegiatan yang mendukung pembelajaran qowa’id yakni musyawaroh (diskusi) dan sorogan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 01:46 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 01:46 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3814 |
Actions (login required)
View Item |