Kusumawati, Fiqa (2017) Motivasi Konsumen Memilih Produk Sophie Martin Ditinjau dari Prinsip Konsumsi dalam Islam (Studi Kasus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, Komisariat Sunan Ampel Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
Cover_Pengesahan.pdf Download (549kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (782kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Registered users only Download (74kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Registered users only Download (19kB) |
|
Text
BAB VI.docx Download (17kB) |
|
Text
Daftar RiwayatHidup (1)_Surat Keterangan Panelitian.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) |
Abstract
Abraham Maslow, menjelaskan bahwa kebutuhan manusia itu berjenjang. Jenjang kebutuhan tersebut tersusun dalam lima hierarki kebutuhan, yaitu kebutuhan fisiologis, rasa aman dan nyaman, sosial dan rasa cinta, harga diri, serta aktualisasi diri. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, Lukman Hakim menerangkan beberapa prinsip yang harus diperhatikan, yaitu prinsip syariah memperhatikan tujuan konsumsi, kaidah ilmiah, dan bentuk konsumsi. Kemudian prinsip kuantitas memperhatikan kesederhanaan, tidak bermewah-mewahan (berlebihan). Organisasi PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) merupakan organisasi mahasiswa terbesar di wilayah Kediri. Total keseluruhan anggota PMII cabang Kediri, kampus STAIN Kediri memiliki 50% kader, IAIT memiliki 25% kader, UNISKA 15% kader, dan UNP 10% kader Shopie Martin adalah perusahaan yang mendistribusikan pakaian, aksesori mode, tas, dan kosmetik dengan metode penjualan langsung. Shopie Martin bagi 50% dari total 196 warga PMII Rayon Raden Sa’id Komisariat Sunan Ampel Kediri, merupakan merek produk yang mahal. Namun sebaliknya, bagi 50% lainnya beranggapan bahwa merek Sophie Martin murah. Meskipun demikian, 98% dari mereka menggunakan merek produk Sophie Martin. Fokus Penelitian adalah: 1. Apa motivasi konsumen memilih produk Shopie Martin? 2. Bagaimana tinjauan prinsip konsumsi dalam Islam terhadap motivasi konsumen memilih produk Shopie Martin? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data diperoleh dari warga PMII Rayon Raden Said, serta data tambahan berupa dokumen. Analisis dilakukan dengan cara reduksi data atau penyederhanaannya, paparan atau sajian, dan penarikan kesimpulan. Tahap akhir data analisis data ini merupakan pengecekan keabsahan data menggunakan beberapa teknik, yaitu: perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi dari sudut pandang konsumen yang digunakan para aktivis PMII Rayon Raden Said adalah motivasi rasional. Sedangkan motivasi berdasarkan kebutuhan yang dirasakan sebagian besar aktivis sudah pada kebutuhan rasa aman dan nyaman, serta sebagian kecil lainnya sudah pada kebutuhan sosial dan rasa cinta. Kemudian jika ditinjau dengan prinsip syariah berupa tujuan konsumsi, kaidah ilmiah, dan bentuk konsumsi dalam Islam, maka perilaku sebagian besar aktivis sudah menerapkan prinsip tersebut. Hal yang sama juga ditunjukkan oleh perilaku sebagian besar aktivis pada tinjauan perilaku tidak bermewah-mewahan dalam prinsip kuantitas konsumsi Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muhamad Hamim |
Date Deposited: | 14 Dec 2018 03:18 |
Last Modified: | 14 Dec 2018 03:18 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/38 |
Actions (login required)
View Item |