Manajemen Kurikulum Kulliyatul Mu'allimin Al-Islamiyah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Di MA Al-Rosyid Bojonegoro

Mahanani, Arika Oernika (2021) Manajemen Kurikulum Kulliyatul Mu'allimin Al-Islamiyah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Di MA Al-Rosyid Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932402217_prabab.pdf

Download (862kB)
[img] Text
932402217_bab1.pdf

Download (410kB)
[img] Text
932402217_bab2.pdf

Download (817kB)
[img] Text
932402217_bab3.pdf

Download (433kB)
[img] Text
932402217_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB)
[img] Text
932402217_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
932402217_bab6.pdf

Download (225kB)
[img] Text
932402217_daftarpustaka.pdf

Download (361kB)
[img] Text
932402217_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932402217_suratpernyataan.pdf

Download (353kB)

Abstract

ARIKA OERNIKA MAHANANI, Dosen Pembimbing Moh. Zainal Fanani, M.Pd. I dan Nurul Huda Purnomo, M.Pd: Manajemen Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah di MA Al-Rosyid Bojonegoro, Manajemen Pendidikan Islam, Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2021. Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah, dan Mutu Pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena sebagian besar masyarakat yang mengira bahwa lulusan dari lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan Pondok Pesantren menghasilkan output siswa yang tidak memiliki ketrampilan hidup yang sesuai dengan kebutuhan kekinian masyarakat serta memiliki kemampuan yang rendah dalam bidang akademik. Oleh karenanya, untuk mengantasipasi luasnya anggapan yang demikian, diperlukan adanya sebuah inovasi baru dalam mengelola sebuah lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan Pesantren, salah satunya yaitu berkaitan dengan model penerapan kurikulum yang dapat memicu meningkatnya nilai mutu pendidikan dalam sebuah lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana perencanaan kurikulum KMI dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah di MA Al-Rosyid Bojonegoro. 2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum KMI dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah di MA Al-Rosyid Bojonegoro. 3) Bagaimana evaluasi kurikulum KMI dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah di MA Al-Rosyid Bojonegoro. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tehnik yang digunakan untuk memperoleh data adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data dalam penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data, peneliti menggunakan uji kredibilitas dan pengujian transferability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan kurikulum KMI dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah di MA Al-Rosyid Bojonegoro telah melibatkan seluruh stokeholder yang ada, perencanaan ini dilakukan pada awal tahun pelajaran baru melalui rapat kordinasi, sehingga menghasilkan pembaharuan kurikulum yang inovatif. 2) Pelaksanaan kurikulum KMI dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah di MA Al-Rosyid Bojonegoro dalam hal ini mengacu pada model kurikulum terintegrasi, dimana didalamnya berusaha memadukan antara kurikulum kemenag dan kurikulum KMI dalam proses pembelajarannya. 3) Proses evaluasi kurikulum KMI dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah di MA Al-Rosyid Bojonegoro dalam hal ini terdiri dari evaluasi dalam segi perencanaan, pelaksanaan, dan hasil. Dimana ketiga aspek kegiatan ini biasa dilakukan diakhir tahun dengan obyek yang dievaluasi meliputi guru dan juga peserta didik yang ada dilembaga tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Arika Oernika Mahanani
Date Deposited: 10 Mar 2022 03:26
Last Modified: 10 Mar 2022 03:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3740

Actions (login required)

View Item View Item