Hasan, M Iqbal Maulana Nur (2021) Strategi Diversifikasi Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Study Kasus Pada CV Pentol Oye Kertosono). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931320216_prabab.pdf Download (483kB) |
|
Text
931320216_bab1.pdf Download (2MB) |
|
Text
931320216_bab2.pdf Download (2MB) |
|
Text
931320216_bab3.pdf Download (2MB) |
|
Text
931320216_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
931320216_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
931320216_bab6.pdf Download (2MB) |
|
Text
931320216_daftarpustaka.pdf Download (2MB) |
|
Text
931320216_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Perusahaan dalam menjalankan usahanya memiliki beberapa tujuan salah satunya yang terpenting yaitu untuk meningkatkan keuntungan. Dalam mewujudkan tujuan tersebut perusahaan diharuskan untuk memiliki sebuah strategi, strategi yang dapat digunakan antara lain strategi diversifikasi produk. Dengan melakukan diversifikasi produk diharapkan volume penjualan dari perusahaan bertambah akibat dari penjualan yang juga bertambah dan dapat mewujudkan tujuan perusahaan yaitu untuk meningkatkan keuntungan. Selain itu strategi yang dimiliki perusahaan juga harus dapat membuat perusahaan bertahan di masa pandemic Covid-19 seperti saat ini. Penelitian ini berjudul strategi diversifikasi produk terhadap volume penjualan studi kasus pada CV pentol bakso Kertosono Nganjuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode pendekatan kualitatif dengan studi kasus dimana peneliti bertindak sebagai instrumen sekaligus pengumpul data. Sumber data primer yaitu hasil dari observasi dan wawancara, sedangkan sumber data sekunder berupa dokumen yang terkait topik penelitian. Data tersebut kemudian dilakukan analisis dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Langkah terakhir yang penulis lakukan adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan menggunakan perpanjangan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) CV pentol bakso melakukan diversifikasi produk pada tahun 2018 yang menghasilkan produk baru berjumlah 5 produk baru sehingga total produk menjadi 7 jenis produk. Jenis diversifikasi produk yang digunakan adalah diversifikasi konsentris. Faktor yang mendasari dilakukannya diversifikasi produk adalah mengikuti tren pasar, permintaan konsumen, dan untuk meningkatkan volume penjualan. Tujuan dilaksanakannya diversifikasi produk adalah mewujudkan permintaan konsumen, mengikuti tren pasar agar tetap mampu bersaing dengan produsen lain, dan juga untuk meningkatkan volume penjualan agar keuntungan yang didapat menjadi meningkat sehingga membuat perusahaan menjadi lebih berkembang. (2) Strategi Diversifikasi produk berdampak baik terhadap peningkatan volume penjualan di masa pandemic Covid-19 pada CV Pentol Bakso Oye. Dengan terpenuhinya indikator peningkatan volume penjualan yaitu tercapainya target penjualan, meningkatnya keuntungan dari 100 juta menjadi 200 juta perbulan. Kemudian keuntungan yang didapat mampu menunjang pertumbuhan perusahaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | M Iqbal Maulana Nur Hasan |
Date Deposited: | 08 Mar 2022 01:41 |
Last Modified: | 08 Mar 2022 01:41 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3715 |
Actions (login required)
View Item |