Pendidikan Etika Dalam Kitab Taisirul Kholaq Dan Relevansinya Pada Pendidikan Masa Kini

Mustofa, Ibnu (2021) Pendidikan Etika Dalam Kitab Taisirul Kholaq Dan Relevansinya Pada Pendidikan Masa Kini. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101619012_prabab.pdf

Download (701kB)
[img] Text
92101619012_bab1.pdf

Download (329kB)
[img] Text
92101619012_bab2.pdf

Download (296kB)
[img] Text
92101619012_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
92101619012_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
92101619012_bab5.pdf

Download (27kB)
[img] Text
92101619012_daftarpustaka.pdf

Download (308kB)

Abstract

Etika dan pendidikan dua pokok yang saling terkait, seorang yang memiliki pendidikan akan dilihat dari cara dan gaya hidupnya yang menunjukkan sifat-sifat serta perkataan yang sopan dan santun. Untuk memunculkan sikap tersebut perlu adanya ilmu, yakni ilmu akhlak. Pada kitab Taisirul Kholaq dijelaskan Ilmu akhlak merupakan suatu pengertian dari kaidah-kaidah untuk mengetahui menjadi baik nya hati dan semua panca indra. Subjek pada ilmu ini yaitu akhlak dari sudut pandang menghiasi diri dengan kebaikan kebaikan dan menjauhi semua akhlak yang tercela. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana materi pendidikan etika dalam kitab Taisirul Kholaq karya Hafidz Hasan Al Mas’udi?. 2) Apa relevansi kitab Taisirul Kholaq karya Hafidz Hasan Al Mas’udi pada pendidikan agama Islam, sosial, psikologi dan kesehatan?. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kepustakaan dengan menggunakan tiga langkah pengumpulan data, yaitu membaca secara komperhensif, dan kritis, mencatat pemaparan bahasa dalam kitab, dan mengidentifikasi, mengklasifikasikan dan menganalisis kitab. Sedangkan cara menganalisisnya melalui dua jalur, yaitu metode analisis deskriptif, dan analisis isi berupa: metode deduktif, induktif dan Komparasi. Sedangkan untuk pengecekkan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) pada kitab Taisirul Kholaq memuat materi-materi pendidikan etika yang tergolong pada etika normatif yang berupa teori-teori nilai dan membahas tentang masalah tingkah laku. Diantaranya membahas tingkah laku yang berhubungan dengan Allah Swt, etika seorang pendidik dalam mengajar, etika murid pada dirinya, guru, dan teman sebaya. Kemudian etika dalam bermasyarakat. Selain itu, terdapat kritikan pada kitab berupa penejelasan yang kurang serta beberapa bab yang tidak ada penguat hadist dan ayat Al Qur’ann. 2) Relevansi kitab Taisirul Kholaq dengan pendidikan masa kini melihat melalui empat aspek: a. pendidikan agama Islam dengan pendidikan karakter, b. sosial dalam berinteraksi serta berkomunikasi dengan masyarakat, c. psikologi dalam proses pembelajaran d. kesehatan yang di paparkan dalam kitab Tasirul Kholaq yang berhubungan dengan hidup sehat saat ini. Namun selain itu terdapat isi kitab yang masih belum relevansi dengan saat ini seperti guru harus memiliki empat kompetensi tidak hanya kompetensi sosial, dan kepribadian.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:54
Last Modified: 04 Mar 2022 02:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3680

Actions (login required)

View Item View Item