Amin, Moh. Hamzanudin (2018) Pengaruh Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Dan Penguasaan Materi Pelajaran Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di MI Al Karim Gondang Nganjuk Tahun Pelajaran 2016/2017. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92100916008_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
92100916008_bab1.pdf Download (361kB) |
|
Text
92100916008_bab2.pdf Download (430kB) |
|
Text
92100916008_bab3.pdf Download (386kB) |
|
Text
92100916008_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
92100916008_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
|
Text
92100916008_bab6.pdf Download (18kB) |
|
Text
92100916008_daftarpustaka.pdf Download (137kB) |
|
Text
92100916008_suratpernyataan.pdf Download (319kB) |
Abstract
ABSTRAK MOH. HAMZANUDIN AMIN, Dr. Hj. Muawanah, M.Pd. dan Dr. Hj. Munifah, M.Pd., : Pengaruh Kemampuan Guru dalam Pengelolaan Kelas dan Penguasaan Materi Pelajaran Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di MI Al Karim Gondang Nganjuk Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Penguasaan Materi, Prestasi Belajar Prestasi Belajar merupakan suatu hal yang komplek. Banyak faktor yang dapat dijadikan bahan penelitian tentang prestasi belajar tersebut. Diantaranya adalah pengelolaan kelas dan penguasaan materi guru. Kedua komponen tersebut termasuk salah satu komponen yang dapat mempengaruhi hasil prestasi belajar peserta didik di sekolah. Berdasarkan uraian diatas, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang pengaruh kemampuan guru dalam pengelolaan kelas dan penguasaan materi pelajaran terhadap prestasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan kelas guru, penguasaan materi guru, pengaruh pengelolaan kelas guru terhadap prestasi belajar, pengaruh penguasaan materi guru terhadap prestasi belajar, pengaruh pengelolaan kelas guru dan penguasaan materi guru terhadap prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian regresi berganda atau pengaruh berganda. Dari populasi sebanyak 226 peserta didik, diambil sampel sejumlah 71 peserta didik. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel krecjie. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Tehnik analisis uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas guru dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata sebesar 181.98, penguasaan materi pelajaran dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata sebesar 169.56 dan prestasi belajar peserta didik dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata sebesar 182.49. Hasil analisis regresi (uji hipotesis) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel pengelolaan kelas dan penguasaan materi pelajaran terhadap variabel prestasi belajar peserta didik, hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis nilai koefisien korelasi sebesar 0.706 dan 0.955 serta signifikan. Diketahui bahwa variabel pengelolaan kelas dan penguasaan materi pelajaran mempengaruhi variabel prestasi belajar peserta didik yaitu sebesar 91.2 % dan 8.8 % dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moh. Hamzanuddin Amin |
Date Deposited: | 02 Mar 2022 04:33 |
Last Modified: | 02 Mar 2022 04:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3657 |
Actions (login required)
View Item |