Implementasi Marketing Dalam Pengembangan Usaha Bisnis Laundry Ditinjau Dari Marketing Syariah (Studi Kasus di Baracks Profesional Laundry Banjaran Kota Kediri)

Kotimah, Kotimah (2021) Implementasi Marketing Dalam Pengembangan Usaha Bisnis Laundry Ditinjau Dari Marketing Syariah (Studi Kasus di Baracks Profesional Laundry Banjaran Kota Kediri). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92500618010_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92500618010_bab1.pdf

Download (331kB)
[img] Text
92500618010_bab2.pdf

Download (380kB)
[img] Text
92500618010_bab3.pdf

Download (154kB)
[img] Text
92500618010_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
92500618010_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
92500618010_bab6.pdf

Download (121kB)
[img] Text
92500618010_daftarpustaka.pdf

Download (181kB)
[img] Text
92500618010_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB)

Abstract

Bisnis laundry merupakan bisnis penyedia jasa pencucian hingga pengeringan pakaian yang saat ini banyak diminati pelaku usaha, semakin banyaknya usaha laundry memudahkan konsumen atau pengguna jasa laundry untuk menentukan laundry yang sesuai dengan budget dan kebutuhan mereka. Baracks Profesional Laundry menjadi penyedia jasa laundry bagi sebagian hotel di Kota Kediri. Walaupun penyedia jasa laundry semakin banyak, namun Baracks mampu menjadi laundry yang tetap bertahan di tengah persaingan dunia usaha laundry. Adapun pertahanan yang dibangun oleh Baracks salah satuya dilakukan dengan selalu mengupayakan terpenuhinya kebutuhan pelanggan. Salah satu bentuk upaya yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yaitu melalui pengkombinasian unsur-unsur pemasaran atau marketing. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui impelementasi marketing dalam pengembangan usaha di baracks profesional laundry. (2) Untuk mengetahui impelementasi marketing dalam pengembangan usaha di baracks profesional laundry ditinjau dari marketing syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data atau penyederhanaan, paparan atau sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi marketing yang dilaksanakan di Baracks Profesional Laundry menitikberatkan pada pemenuhan kebutuhan pelanggan. Kebutuhan pelanggan yang terpenuhi semakin meningkatkan kepercayaan pelanggan, sehingga meningkatkan pula kinerja Baracks untuk terus memperbaiki kualitas laundry kepada pelanggan yang dibarengi dengan pengembangan teknologi serta pengembangan sumber daya manusia yang pada akhirnya meningkatkan pula omset yang diperoleh Baracks Profesional Laundry. (2) Implementasi marketing dalam pengembangan usaha ditinjau dari marketing syariah di Baracks Profesional Laundry dapat disimpulkan bahwa karakteristik marketing syariah seperti: Ketuhanan/ Rabbaniyah, Etis (akhlaqiyyah), Realistis (Al Waqi’iyyah), Humanistis (Al Insaniyyah) telah diimplementasikan oleh Baracks Profesional Laundry. Selain itu Baracks Profesional Laundry juga telah menerapkan marketing mix syariah

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:41
Last Modified: 25 Feb 2022 02:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3609

Actions (login required)

View Item View Item