Peran Pembelajaran Kitab Syi'ir Ngudi Susilo Dalam Meningkatkan Perilaku Mujahadah Siswa SD Plus Al-Harun Ringinrejo Grogol Kediri

Harsono, Nun Nur Afifah (2021) Peran Pembelajaran Kitab Syi'ir Ngudi Susilo Dalam Meningkatkan Perilaku Mujahadah Siswa SD Plus Al-Harun Ringinrejo Grogol Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933602116_prabab.pdf

Download (806kB)
[img] Text
933602116_bab1.pdf

Download (391kB)
[img] Text
933602116_bab2.pdf

Download (396kB)
[img] Text
933602116_bab3.pdf

Download (160kB)
[img] Text
933602116_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[img] Text
933602116_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
933602116_bab6.pdf

Download (91kB)
[img] Text
933602116_daftarpustaka.pdf

Download (185kB)
[img] Text
933602116_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kurangnya kesungguhan siswa dalam memperhatikan dan mendengarkan saat pembelajaran menjadikan nila-nilai yang disampaikan tidak dapat diterima dan dipahami dengan baik, dan mengakibatkan penyimpangan-penyimpangan bermunculan. Jika anak kurang akan nasihat atau ajaran dikhawatirkan menjadi menyimpang dari nilai atau norma yang ada di masyarakat ataupun dari ajaran agama. Permasalahan tersebut jika tidak dapat diatasi dapat mengakibatkan munculnya krisis moral dan krisis iman, diantaranya, kesalahan dalam pergaulan, tutur kata yang kasar dan tidak sopan, suka membantah perkataan orangtua, tidak menaati peraturan, tidak melaksanakan kewajibannya untuk beribadah dan lain sebagainya. Beberapa penyimpangan-penyimpangan tersebut terdapat pada siswa SD Plus Al-Harun Ringinrejo Grogol Kediri. Dalam rangka mencegah persoalan tersebut, solusi yang paling tepat adalah dengan pendidikan atau pembelajaran salahsatunya dengan Kitab Syi'ir Ngudi Susilo, yang di dalamnya di ajarkan bagaimana berperilaku dan bersikap dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran Kitab Syi'ir Ngudi Susilo dalam Meningkatkan perilaku mujahadah siswa SD Plus Al-Harun Ringinrejo Grogol Kediri. Peneliti menggunakan penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan lokasi penelitian di SD Plus Al-Harun Ringinrejo Grogol Kediri. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti mengambil enam subyek dari 51 siswa yang mengikuti pembelajaran Kitab Syi'ir Ngudi Susilo. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa, Kitab syi'ir ngudi susilo memiliki peran untuk merubah atau mempengaruhi beberapa perilaku siswa terutama dalam meningkatkan perilaku mujahadah siswa SD Plus Al-Harun Ringinrejo Grogol Kediri. Terdapat beberapa perbedaan perilaku mujahadah yang ditunjukkan oleh siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran Kitab Syi'ir Ngudi Susilo. Siswa yang sebelumnya susah untuk diperintah oleh orangtua, setelah mengikuti pembelajaran Kitab Syi'ir Ngudi Susilo menjadi lebih mudah untuk diperintah, bahkan ia langsung melaksanakannya tanpa menunggu diperintah. Selain itu juga dapat menumbuhkan kesadaran siswa terhadap pentingnya melaksanakan sholat lima waktu. Dan dapat meningkatkan kesungguhan siswa dalam belajar dan berperilaku baik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030202 Sufism (Tasawuf)
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:00
Last Modified: 23 Feb 2022 03:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3546

Actions (login required)

View Item View Item