Azizah, Dewi Nur (2021) Strategi Pemasaran Usaha Tali Terpal Dalam Meningkatkan Pendapatan Perspektif Marketing Syari’ah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
931339115_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
931339115_bab1.pdf Download (354kB) |
|
Text
931339115_bab2.pdf Download (497kB) |
|
Text
931339115_bab3.pdf Download (233kB) |
|
Text
931339115_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
Text
931339115_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
Text
931339115_bab6.pdf Download (89kB) |
|
Text
931339115_daftarpustaka.pdf Download (213kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan fenomena yang ada dimana banyaknya persaingan antar usaha yang sama, menuntut para usaha pembuatan tali tampar terpal untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usaha bisa bertahan lama dan produk yang dihasilkan tetap eksis dipasaran. Jika strategi yang digunakan kurang tepat akan berimbas pada kurang maksimalnya laba yang diperoleh serta juga dapat mengalami kerugian. Tetapi bila strategi yang digunakan tepat, maka peusahaan bisa memperoleh keuntungan secara maksimal. Fokus penelitian ini ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran UD. Imron Pusat Tali Terpal dalam meningkatkan pendapatan yang berada di Kelurahan Warujayeng Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk, dan juga untuk mengetahui strategi pemasaran UD. Imron Pusat Tali Terpal dalam meningkatkan pendapatan perspektif marketing syari’ah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun informan pada penelitian ini adalah pemilik UD. Imron Pusat Tali Terpal dan juga karyawan UD. Imron Pusat Tali Terpal. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data melalui tahap-tahap antara lain: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan UD. Imron Pusat Tali Terpal dalam meningkatkan pendapatan cukup memadai. Produk yang dihasilkan berkualitas. Harga yang ditetapkan terjangkau. Tempat usaha yang strategis dan mudah dijangkau. Pendistribusian barang belum efektif dalam hal pengiriman barang, promosi yang diterapkan masih sangat sederhana yaitu dengan cara menjeput bola atau mendatangi secara langsung ke perusahan-perusahan pembuat terpal dengan cara menawarkan produk serta memberikan sample secara gratis, dan juga memanfaatkan media sosial meskipun tidak begitu aktif dalam penggunaanya. Strategi yang digunakan cukup baik, namun belum efektif. Dalam marketing syari’ah di simpulkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan sesuai dengan prinsip Islam. Produk yang ditawarkan halal, penetapan harga tidak merugikan kedua belah pihak, lokasi usaha yang sangat strategis mudah dijangkau konsumen, melakukan promosi dengan jujur, dan benar mengenai kualitas produk serta melayani konsumen dengan salam, senyum, sopan, sapa, santun, dan bantu.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Dewi Nur Azizah |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 03:32 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 03:32 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3543 |
Actions (login required)
View Item |