Penerapan Metode Usmani Untuk Melatih Siswa Membaca Al-Qur’an Di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Silir Kecamatan Wates Kabupaten Kediri

Fitriana, Ika (2021) Penerapan Metode Usmani Untuk Melatih Siswa Membaca Al-Qur’an Di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Silir Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932115917_prabab.pdf

Download (627kB)
[img] Text
932115917_bab1.pdf

Download (469kB)
[img] Text
932115917_bab2.pdf

Download (573kB)
[img] Text
932115917_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
932115917_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
932115917_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
932115917_bab6.pdf

Download (178kB)
[img] Text
932115917_daftarpustaka.pdf

Download (262kB)
[img] Text
932115917_suratpernyataan.pdf

Download (214kB)

Abstract

Kitab suci al-Qur’an adalah kalamullah (firman Allah SWT) yang diturunkan melalui malaikat Jibril kepada Rasulullah SAW. Proses pembelajaran al-Qur’an yang tepat sangatlah penting dilakukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara utuh, efektif dan efisien. Untuk mencapai hal tersebut mutlak dilakukan suatu terobosan yang inovatif dalam pembelajaran sehingga tujuan dari pembelajaran itu dapat terwujud. Agar pembelajaran al-Qur’an dapat dilaksanakan dengan baik, tentunya dapat dilakukan dengan berbagai media dan cara/metode dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran membaca al-Qur’an metode Usmani pada siswa di MTs Miftahul Huda Silir Kecamatan Wates Kabupaten Kediri; (2) Untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan metode Usmani pada siswa di MTs Miftahul Huda Silir Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di MTs Miftahul Huda Silir Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru dan siswa MTs Miftahul Huda Silir Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menjunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan metode Usmani pada siswa di MTs Miftahul Huda Silir Kecamatan Wates Kabupaten Kediri yaitu diawali dengan diskusi antar guru metode Usmani untuk menjalankan proses pembelajaran. Pembelajaran offline yang dilaksanakan di kelas maupun di sela-sela jam pelajaran dan pembelajaran online yang dilakukan melalui WhatsApp Group. Penggunaan teknik klasikal dan individual dan juga penggunaan proses Musyafahah; (2) Dampak pembelajaran al-Qur’an dengan metode Usmani di MTs Miftahul Huda Silir Kecamatan Wates Kabupaten Kediri yaitu dalam kualitas bacaan siswa menjadi fasih dan lancar dan terutama penguasaan makharijul huruf.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ika Fitriana
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:03
Last Modified: 25 Feb 2022 02:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3536

Actions (login required)

View Item View Item