Fitria, Amiro (2022) Resiliensi Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Daring Di MI Tarbiyatul Akhlaq Desa Krembangan Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933403516_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
933403516_bab1.pdf Download (192kB) |
|
Text
933403516_bab2.pdf Download (384kB) |
|
Text
933403516_bab3.pdf Download (284kB) |
|
Text
933403516_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
|
Text
933403516_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
|
Text
933403516_bab6.pdf Download (152kB) |
|
Text
933403516_daftarpustaka.pdf Download (283kB) |
|
Text
933403516_suratpernyataan.pdf Download (419kB) |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari permasalahan faktor-faktor yang memengaruhi resiliensi siswa dalam mengikuti pembelajaran daring di MI Tarbiyatul Akhlaq. Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi faktor - faktor apa saja yang dapat memengaruhi resiliensi siswa dalam mengikuti pembelajaran daring di MI Tarbiyatul Akhlaq. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus dan disajikan secara deskriptif. Data primer dalam penelitian ini merupakan hasil observasi dan wawancara kepada subjek penelitian dengan kriteria seluruh siswa MI Tarbiyatul Akhlaq kelas 5 dan 6 yang berusia 11-12 tahun dan sedang melaksanakan pembelajaran daring. Teknik pengumpulan data disesuaikan dengan konteks dan tujuan penelitian serta ditentukan dengan kriteria tertentu (purposive). Sedangkan data sekunder dari penelitian ini berupa keterangan dari Guru Kelas MI Tarbiyatul Akhlaq, jurnal ilmiah, catatan, buku dan arsip. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa tujuh aspek resiliensi siswa Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Akhlaq, yakni regulasi emosi, kontrol impuls, optimis, analisis visual, empati, self efficacy, dan reaching out, masih belum sepenuhnya dimiliki oleh siswa Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Akhlaq. Faktor resiko dan faktor protektif mempengaruhi resiliensi siswa MI Tarbiyatul Akhlaq. Faktor resiko yang terdiri dari kurang optimalnya saranan dan prasarana MI Tarbiyatul Akhlaq ketika pembelajaran daring, lemahnya kontrol orang tua ketika proses pembelajan daring, tidak adanya interaksi teman sebaya dalam proses pembelajaran, kurangnya empati antar guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran, dan kurangnya motivasi yang diberikan oleh guru dan orang tua. Faktor protektifnya yakni kontrol impuls yang dimiliki siswa berada pada taraf rata-rata, adanya motivasi dan empati yang diberikan oleh guru dan orang tua, serta adanya optimalisasi sarana dan prasarana MI Tarbiyatul Akhlaq pada penerapan pembelajaran daring.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Amiro Fitria |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 05:06 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 05:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3524 |
Actions (login required)
View Item |