Strategi Pelayanan Pelanggan Depot Jamu Jago Mama Eska Desa Cengkok Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk Prespektif Ekonomi Islam

Oktaviana, Irma (2021) Strategi Pelayanan Pelanggan Depot Jamu Jago Mama Eska Desa Cengkok Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk Prespektif Ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931314417_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931314417_bab1.pdf

Download (217kB)
[img] Text
931314417_bab2.pdf

Download (306kB)
[img] Text
931314417_bab3.pdf

Download (125kB)
[img] Text
931314417_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
931314417_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
931314417_bab6.pdf

Download (42kB)
[img] Text
931314417_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931314417_suratpernyataan.pdf

Download (177kB)

Abstract

IRMA OKTAVIANA, Dosen Pembimbing Dr. H. Ahmad Syakur, Lc., M. EI dan Nilna Fauza, M. HI., Strategi Pelayanan Pelanggan Depot Jamu Jago Mama Eska Desa Cengkok Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk Prespektif Ekonomi Islam, Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Strategi, Pelayanan, Ekonomi Islam Strategi pelayanan merupakan cara yang direncanakan oleh usaha mengenai cara pelayanan dan penyelesaian terhadap kebutuhan konsumen secara individu maupun berkelompok yang sesuai atau melebihi harapan konsumen. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh usaha Depot Jamu Jago Mama Eska yang dijalankan secara perseorangan dalam segala jenis aktivitas penjualan maupun pelayanan tes kesehatan, serta tidak terdapat orang lain yang melakukan pengawasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana strategi pelayanan pelanggan yang dilakukan oleh Depot Jamu Jago Mama Eska serta bagaimana strategi pelayanan pelanggan yang dilakukan oleh Depot Jamu Jago Mama Eska dilihat dari prespektif ekonomi Islam. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi serta dilakukan pengecekan keabsahan data yaitu dengan meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan member check. Tahap terakhir yang dilakukan adalah menganalisa data dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Strategi Pelayanan Depot Jamu Jago Mama Eska dilakukan sesuai ciri pelayanan yang baik serta sesuai dimensi untuk mencapai kualitas pelayanan, yang meliputi: Berwujud dengan memberikan pelayanan dan produk terbaik. Keandalan dengan pelayanan handal secara cermat, baik, dan jelas. Daya Tanggap dengan siap membantu secara cepat, tepat, dan cermat. Jaminan dengan keakuratan 99% dan jaminan pasti kemanan. Empati dengan menjaga komunikasi dengan pelanggan. Dilaksanakannya strategi pelayanan ini bertujuan untuk: terbentuknya kepercayaan konsumen, mencegah tuntutan konsumen, memberikan kepuasan pada konsumen, dan menciptakan kepuasan, dan mempertahankan konsumen. (2) Strategi pelayanan Depot Jamu Jago Mama Eska sudah sesuai dengan aturan pelayanan dalam ekonomi Islam yaitu dengan menerapkan sifat-sifat utama Rasulullah SAW meliputi: Shiddiq yang dilakukan dengan apa adanya tanpa kebohongan, Amanah dengan pelayanan yang dilakukan penuh tanggung jawab, Fathanah dengan pelayanan berdasarkan wawasan pengetahuan, dan Tabligh dengan konsultasi secara rinci mengenai produk yang ditawarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Irma oktaviana
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:41
Last Modified: 21 Feb 2022 03:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3505

Actions (login required)

View Item View Item