Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan ( Study Pelanggan Detergent Laundry)

Ratnasari, Elta (2021) Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan ( Study Pelanggan Detergent Laundry). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931312015_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931312015_bab1.pdf

Download (653kB)
[img] Text
931312015_bab2.pdf

Download (630kB)
[img] Text
931312015_bab3.pdf

Download (928kB)
[img] Text
931312015_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
931312015_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
931312015_bab6.pdf

Download (400kB)
[img] Text
931312015_daftarpustaka.pdf

Download (323kB)
[img] Text
931312015_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
931312015_suratpernyataan.pdf

Download (394kB)

Abstract

Kegiatan bisnis jasa mencuci pakaian atau laundry awalnya hanya untuk pangsa pasar terbatas, seperti laundry untuk para tamu yang menginap di hotel. Demikian pula didaerah perkotaan, ada laundry yang menghususkan secara eksklusif untuk jenis pakaian mahal atau jas. Namun semakin banyaknya ketersediaan jenis mesin cuci yang harganya relatif terjangkau, disertai dengan tekhnologi baru seperti alat pengering yang membuat pakaian tidak perlu lagi dijemur (apalagi pada waktu musim hujan) maka bisnis laundry dapat dilakukan dengan investasi modal yang tidak terlalu besar. Kebutuhan ekonomi masyarakat yang semain tinggi menuntut masyarakat untuk meningkatkan pendapatannya, sehingga mau tidak mau masyarakat harus lebih efisien dan memnfaatkan waktu ataupun jam kerjanya. Faktor gaya hidup, pola fikir dan tuntutan kehidupan yang semakin meningkat ini ternyata menumbuhkan peluang bsinis berupa jasa pencucian atau setrika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability Sampling, yaitu teknik yang memberi peluang atau kesempatan yang sama pada setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Simple Random Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 216 konsumen yang sudah menjadi member pada Detergent Laundry Outlet Ngronggo. Teknik pengambilan sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael sehingga sampel berjumlah 135 pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi (r) maka, variabel X dan Y memperoleh nilai sebesar 0,781, artinya terdapat hubungan yang sangat kuat antara variabel harga dan keputusan pembelian. Dari uji t diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 dimana nilai tersebut < 0,05 yang berarti harga berpengaruh secara persial terhadap keputusan pembelian. Dari analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 12,034+0,445X. Nilai determinasi (R2 ) sebesar 0,607 atau 60,7%. Hal ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh sebesar 60,7% terhadap kepuasan pelanggan Detergent Laundry Outlet Ngronggo. Sedangkan sisanya sebesar 39,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Elta Ratnasari
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:47
Last Modified: 21 Feb 2022 03:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3503

Actions (login required)

View Item View Item