Studi Komparasi Kemampuan Membaca Al-Qur'an Menggunakan Metode Ummi Di SDI Al-Huda Kota Kediri Dan Metode Usmani Di MI Miftahul Huda Kediri

Ulya, Naila (2021) Studi Komparasi Kemampuan Membaca Al-Qur'an Menggunakan Metode Ummi Di SDI Al-Huda Kota Kediri Dan Metode Usmani Di MI Miftahul Huda Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932120616_prabab.pdf

Download (649kB)
[img] Text
932120616_bab1.pdf

Download (391kB)
[img] Text
932120616_bab2.pdf

Download (611kB)
[img] Text
932120616_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
932120616_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
932120616_bab5.pdf

Download (382kB)
[img] Text
932120616_bab6.pdf

Download (156kB)
[img] Text
932120616_daftarpustaka.pdf

Download (222kB)
[img] Text
932120616_suratpernyataan.pdf

Download (526kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang studi komparasi kemampuan membaca al-qur’an menggunakan metode ummi di sdi al-huda kota kediri dan metode usmani di mi miftahul huda kediri. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimana implementasi metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di SDI AL-HUDA Kota Kediri?. 2) Bagaimana implementasi metode Usmani dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di MI Miftahul Huda Kediri?. 3) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara metode Ummi dan Usmani terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa di SDI Al-Huda Kota Kediri dan MI Miftahul Huda Kediri?.Jenis penelitian ini adalah penelitian non eksperimen yaitu penelitian yang tidak menggunakan perlakuan atau seseorang peneliti hanya mencari hasil tanpa adanya suatu perlakuanDan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis komparasi dengan rumus t-test. Kajian ini menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran metode Ummi yaitu dimulai dari jilid 1 hingga 6, al-Qur’an, Gharib, dan tajwid. Metode Ummi memiliki 2 sesi munaqoshah yaitu munaqoshah tartil, yaitu ustadz/ustadzah menguji kemampuan membaca al-Qur’an siswa dan munaqoshah tartil, yaitu ustadz/ustadzah menguji kemampuan menghafal al-Qur’an siswa. Munaqoshah Tartil ini diujikan dengan ketentuan hafalanjuz 30. 2) Implementasi metode Usmani melalui beberapa teknik strategi pembelajaran yaitu teknik individual yang mana murid membaca bacaan yang dicontohkan oleh ustadzah secara bergantian satu persatu, dan juga melaksanakan kegiatan klasikal yang mana murid secara bersama-sama membaca bacaan yang sudah dicontohkan oleh ustadzah sebelumnya. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an. Hal ini diperoleh dengan membandingkan nilai thitung = -0,210; db = 40; dan p-value = 0,834. Maka diperoleh ttabel(0,05;40) = 2,02. Hal ini menunjukkan bahwa thitung< ttabel, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya, tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan membaca al-Qur’an siswa, antara penggunaan metode Ummi dan Usmani

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Naila Ulya
Date Deposited: 04 Feb 2022 04:35
Last Modified: 04 Feb 2022 04:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3386

Actions (login required)

View Item View Item