Pemikiran Mohammad Natsir Tentang Pendidikan Islam Dan Perannya Dalam Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indonesia

Andreansyah, Ramadhan (2021) Pemikiran Mohammad Natsir Tentang Pendidikan Islam Dan Perannya Dalam Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932123917_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932123917_bab1.pdf

Download (727kB)
[img] Text
932123917_bab2.pdf

Download (399kB)
[img] Text
932123917_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
932123917_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
932123917_bab5.pdf

Download (287kB)
[img] Text
932123917_daftar_pustaka.pdf

Download (486kB)
[img] Text
932123917_suratpernyataan.pdf

Download (196kB)

Abstract

Berbicara pendidikan Islam berarti membicarakan masalah diri manusia. Pandangan semacam ini jelas akan berpengaruh besar terhadap sikap seseorang dalam memandang ilmu itu sendiri sebagai makhluk Tuhan yang dipersiapkan untuk menjadi khalifah- Nya di muka bumi dalam rangka mengabdi kepada- Nya. Salah satu tantangan pendidikan Islam saat ini adalah masih terjadinya dikotomi ilmu, artinya terjadi pemisahan antara ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu dunia (profan) yang saling menafikan satu sama lain. Maka dari itu, penulis kemudian membahas kembali tentang pemikiran tokoh dan intelektual muslim Indonesia yang mencoba untuk merumuskan pendidikan Islam sesuai dengan harapan agama, bangsa dan Negara, yaitu Mohammad Natsir. Oleh karena itu, penulis mengambil judul “Pemikiran Mohammad Natsir Tentang Pendidikan Islam Dan Perannya Dalam Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indonesia”. Penelitian ini termasuk kedalam library research (penelitian kepustakaan). yakni suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang terdapat dalam kepustakaan. Adapun sifat dari penelitian ini termasuk “deskriptif kualitatif” yaitu suatu penelitian yang bertujuan mengumpulkan dan menyusun data yang kemudian diusahakan pula adanya analisis dan interpretasi atau penafsiran terhadap datadata tersebut. Adapun dalam menganalisa data penulis menggunakan metode deskriptif analisis Dengan kerangka itu, dapat diketahui bahwa pemikiran Mohammad Natsir tentang pendidikan Islam yaitu pemikiran pendidikan yang memadukan antara pendidikan umum dan pendidikan agama, keseimbangan ini dibuktikan dengan tidak mempertentangkan antara Barat dan Timur. Islam hanya mengenal perbedaan antara hak dan bathil. Semua yang hak dapat diterima, meskipun datangnya dari Barat, dan semua yang bathil akan disingkirkan walaupun datangnya dari Timur. Dengan begitu, akan tercipta anak didik yang mementingkan ruhani dan jasmaninya. Perannya dalam pembaharuan pendidikan Islam di Indonesia dapat dilihat dari sekolah- sekolah yang sudah memadukan antara ilmu agama dan ilmu umum dalam kurikulumnya,. Pada sekolah umum sudah memasukkan pendidikan pendidikan agama Islam secara seimbang, begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aulia Ramadhan Andreansyah
Date Deposited: 03 Feb 2022 06:14
Last Modified: 03 Feb 2022 06:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3379

Actions (login required)

View Item View Item