Strategi Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Quran Braille Digital Pada Anak Tunanetra Di Slb Krida Utama 1 Nganjuk

Yusro, Nailatul (2021) Strategi Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Quran Braille Digital Pada Anak Tunanetra Di Slb Krida Utama 1 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932123017_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932123017_bab1.pdf

Download (484kB)
[img] Text
932123017_bab2.pdf

Download (937kB)
[img] Text
932123017_bab3.pdf

Download (303kB)
[img] Text
932123017_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[img] Text
932123017_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
932123017_bab6.pdf

Download (150kB)
[img] Text
932123017_daftarpustaka.pdf

Download (263kB)

Abstract

NAILATUL YUSRO, Dosen Pembimbing Dr. Fartika Ifriqia, M. Pd dan Intan Nuzulis Naeni P., M. Pd.I, Strategi Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Quran Braille Digital Pada Anak Tunanetra di SLB Krida Utama 1 Nganjuk, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata kunci : Strategi pembelajaran, anak tunanetra SLB Krida Utama 1 Nganjuk. Strategi pembelajaran merupakan cara khusus yang dilakukan secara efektif dan efisien untuk mendapatkan suatu prestasi dan juga keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran. Keterampilan siswa tunanetra dalam membaca Al-Quran braille akan sangat mendukung terhadap kelancaran dalam proses pembelajaran membaca Al-Quran. Siswa tunanetra adalah bagian dari populasi anak berkebutuhan khusus. Mereka membutuhkan layanan pendidikan yang di desain secara khusus. Salah satu desain pendidikan khusus siswa tunanetra adalah penggunaan Al-Quran braille digital yang digunakan sebagai media membaca Al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1)strategi pembelajaran guru dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Quran braille di SLB Krida Utama 1 Nganjuk pada jenjang Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB-A). 2) faktor yang mempengaruhi pada strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru. 3) hasil pelaksanaan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara pemeriksaan atau pengecekan keabsahan datanya menggunakan prosedur ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran guru dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Quran braille pada anak tunanetra pada jenjang Sekolah Dasar (SDLB) di Slb Krida Utama 1 Nganjuk telah dilaksanakan dengan baik. Dalam mengajarkan anak tunanetra di SLB Krida Utama 1 Nganjuk menggunakan strategi pembelajaran ekspository learning dan menggunakan metode campuran. Pada proses pelakasanaan strategi pembelajaran membaca Al-Quran guru memberikan bentuk pelayanan pendidikan yang telah disesuaikan dengan karakteristik dan kemampuan anak didik. Karena guru secara aktif mengambil inisiatif untuk berinteraksi dan memberikan petunjuk ke anak didik, sehingga bisa memperoleh kemajuan besar dalam pembelajarannya. Guru di tuntut harus sabar dan tekun. Karena secepat-cepatnya anak tunanetra menguasai cara membaca tidak akan lebih cepat daripada anak normal. Serta adanya interaksi yang sehat antara anak dan orang tua/keluarga, dan lingkungan menjadi sangat penting dalam mempengaruhi kemajuan belajar anak.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nailatul Yusro
Date Deposited: 31 Jan 2022 05:40
Last Modified: 31 Jan 2022 05:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3327

Actions (login required)

View Item View Item