Evaluasi Penggunaan Kartu Huruf Sebagai Media Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Kelas II Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kandat Kediri

Sudrajat, Muhammad Akbar (2021) Evaluasi Penggunaan Kartu Huruf Sebagai Media Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Kelas II Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kandat Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932105517_prabab.pdf

Download (948kB)
[img] Text
932105517_bab1.pdf

Download (369kB)
[img] Text
932105517_bab2.pdf

Download (253kB)
[img] Text
932105517_bab3.pdf

Download (187kB)
[img] Text
932105517_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
932105517_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
932105517_bab6.pdf

Download (157kB)
[img] Text
932105517_daftarpustaka.pdf

Download (229kB)
[img] Text
932105517_suratpernyataan.pdf

Download (73kB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Akbar Sudrajat, Dosen Pembimbing (1) Dr. Iskandar Tsani, M. Ag dan (2) Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I: Evaluasi Penggunaan Kartu Huruf Sebagai Media Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Kelas II Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kandat Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Evaluasi CIPP, Baca tulis Al-Qur’an, Media Kartu Huruf. Setiap manusia berhak memperoleh pendidikan agama yang baik walaupun mereka memiliki kekurangan fisik maupun mental, khususnya pada anak tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan 1. Bagaimana evaluasi Conteks baca tulis Al-Qur’an menggunakan media kartu huruf pada siswa Tunagrahita kelas II di SLB Negeri Kandat Kediri ?, 2. Bagaimana evaluasi Input baca tulis Al-Qur’an menggunakan media kartu huruf pada siswa Tunagrahita kelas II di SLB Negeri Kandat Kediri ?, 3. Bagaimana evaluasi Process baca tulis Al-Qur’an menggunakan media kartu huruf pada siswa Tunagrahita kelas II di SLB Negeri Kandat Kediri ?, 4. Bagaimana evaluasi Product baca tulis Al-Qur’an menggunakan media kartu huruf pada siswa Tunagrahita kelas II di SLB Negeri Kandat Kediri ? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan bentuk evaluasi program model CIPP dengan mengevaluasi tiap komponen context, input, process, dan product. Proses pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Untuk analisis data dilakukan dengan tiga tahapan: Reduksi data, display data dan simpulan data. Dan dalam pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara credibility (Validitas Internal), transferability (Validitas Eksternal), dependability (Reliabilitas), dan confirmability (Objektivitas). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi Conteks yaitu Pembelajaran ini bertujuan memahamkan anak-anak tunagrahita dalam baca tulis Al-Qur’an menggunakan media kartu huruf dan sekolah sangat mendukung karena anak lebih mudah memahami. (2) Evaluasi Input yaitu SLBN Kandat Kediri menggunakan kurikulum 2013 , sarana belajar sudah mencukupi, dan pendidik sangat profesional dalam mendidik, khususnya anak-anak tunagrahita. (3) Evaluasi Process yaitu peserta didik aktif dan senang dalam pembelajaran, tapi mereka tetap harus selalu dibimbing dan diarahkan. (4) Evaluasi Product yaitu media kartu huruf dapat berjalan dengan baik dan mudah dipahami, dapat dibuktikan dengan hasil pembelajaran dengan rata-rata siswa di atas KKM yaitu 79. Sehingga menunjukkan bahwa Evaluasi penggunaan media kartu huruf untuk pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an siswa kelas II tunagrahita di SLBN Kandat Kediri yaitu Peserta didik mudah memahami huruf-huruf hijaiyah menggunakan media kartu huruf.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Akbar Sudrajat
Date Deposited: 03 Feb 2022 02:30
Last Modified: 03 Feb 2022 02:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3304

Actions (login required)

View Item View Item