Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Santri Madrasah Diniyah Al-Badar Ngampel Papar Kediri

Yuniawati, Siti Tutus (2020) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Santri Madrasah Diniyah Al-Badar Ngampel Papar Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
9321411116_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9321411116_bab1.pdf

Download (532kB)
[img] Text
9321411116_bab2.pdf

Download (650kB)
[img] Text
9321411116_bab3.pdf

Download (343kB)
[img] Text
9321411116_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
9321411116_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
9321411116_bab6.pdf

Download (201kB)
[img] Text
9321411116_daftarpustaka.pdf

Download (421kB)
[img] Text
9321411116_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Mencetak santri yang berkualitas merupakan hal yang penting, maka dari itu guru harus mempunyai strategi dalam proses meningkatkan kualitas santri Madrasah Diniyah al-Badar Ngampel Papar Kediri. Hal ini merupakan faktor utama untuk kesuksesan dalam mengembangkan atau memajukan lembaga tersebut serta untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan adanya strategi yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kualitas santri Madrasah Diniyah al-Badar. Selain adanya strategi dalam meningkatkan kualitas santri, juga terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat yang terjadi. Sehingga memunculkan tujuan penelitian: (1) Mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan kualitas santri Madrasah Diniyah al-Badar Ngampel Papar Kediri, (2) Mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dalam meningkatkan kualitas santri Madrasah Diniyah al-Badar Ngampel Papar Kediri, (3) Mendeskripsikan faktor-faktor penghambat dalam meningkatkan kualitas santri Madrasah Diniyah al-Badar Ngampel Papar Kediri. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan metode pengamatan (observasi), wawancara (interview), dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai strategi guru dalam meningkatkan kualitas santri dapat diklasifikasikan menjadi 5 yaitu, melalui pembelajaran di kelas, pembiasaan yang baik, guru memberikan keteladanan, penanaman kesadaran, dan melalui pendekatan personal. Ditemukan bahwa setiap Madrasah Diniyah memiliki strategi agar dapat mencetak santri yang berkualitas. Faktor pendukung dalam meningkatkan kualitas santri adalah pemimpin yang bijaksana, pendidik yang berkompetensi, dukungan dari orang tua santri, dan sarana prasarana yang layak dipakai. Sedangkan faktor yang menghambat adalah kurangnya kesadaran santri, kurangnya perhatian dari orang tua, dan kurangnya sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:33
Last Modified: 24 Jan 2022 02:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3244

Actions (login required)

View Item View Item