Pengaruh Implementasi Metode Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas VIII Di MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri Tahun Ajaran 2021-2022

Albab, Muhammad Ulul (2020) Pengaruh Implementasi Metode Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas VIII Di MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri Tahun Ajaran 2021-2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932146015_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932146015_bab1.pdf

Download (240kB)
[img] Text
932146015_bab2.pdf

Download (197kB)
[img] Text
932146015_bab3.pdf

Download (167kB)
[img] Text
932146015_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
932146015_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
932146015_bab6.pdf

Download (123kB)
[img] Text
932146015_daftarpustaka.pdf

Download (8kB)
[img] Text
932146015_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui penerapan Metode Talking Stick pada mata pelajaran Fiqh di MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh dengan menggunakan metode Talking Stick di MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri, (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan Metode Talking Stick terhadap peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti melibatkan seluruh siswa kelas VIII di Mts Sunan Gunung Jati Gurah Kediri, sebagai responden, sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII yang berjumlah 64 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi sederhana dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linearitas dan uji heterokedastisitas. Hasil dari penelitian ini adalah (1) penerapan Metode Talking Stick pada mata pelajaran Fiqh di MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri termasuk dalam kategori baik, Dimana penelitian menemukan bahwa siswa telah mengalami peningkatan belajar setelah menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Fiqih. (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh dengan menggunakan metode Talking Stick di MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri dapat dikategorikan baik. Hal ini dapat lihat pada nilai tes sebelum dilakukan tindakan (pretes) 15 orang siswa yang mendapat nilai <65 dan 9 orang yang mendapat nilai >65 dan nilai tes siswa setelah dilakukan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran, nilai postes siklus I, 10 orang siswa yang mendapat nilai >65, ada 6 orang yang memiliki nilai 65 dan 8 siswa yang mendapat nilai <65. (3) Berdasarkan data hasil penelitian dan perhitungan yang menggunakan bantuan computer program SPSS diperoleh Tℎitung sebesar 6,591 dengan signifikansi 0,000 sedangkan nilai Ttabel untuk n = 38 sebesar 2,021. Kriteria pengujian Ho ditolak jika Tℎitung > Ttabel dan nilai signifikansi (0,000) < α (0,05). Oleh karena Tℎitung (6,591) > Ttabel (2,021) dan nilai signifikansi (0,000) < α (0,05), maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak atau Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis yang berbunyi “Pengaruh Implementasi Metode Pembelajaran Talking Stick dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Fiqh Kelas VIII C MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri.” diterima. Artinya, adanya penerapan metode Talking Stick yang semakin baik dan lengkap semakin meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:07
Last Modified: 24 Jan 2022 02:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3240

Actions (login required)

View Item View Item