Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Religiusitas Siswa Kelas VI Di MI Mambaul Ulum

Permatasari, Atikah Wahyu (2021) Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Religiusitas Siswa Kelas VI Di MI Mambaul Ulum. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933404417_prabab.pdf

Download (435kB)
[img] Text
933404417_bab1.pdf

Download (264kB)
[img] Text
933404417_bab2.pdf

Download (502kB)
[img] Text
933404417_bab3.pdf

Download (371kB)
[img] Text
933404417_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
933404417_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
933404417_bab6.pdf

Download (87kB)
[img] Text
933404417_daftarpustaka.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (4).pdf

Download (178kB)

Abstract

ABSTRAK WAHYU PERMATASARI, ATIKAH, 2021. Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Religiusitas Siswa Kelas VI DI MI Mambaul Ulum, Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Rini Risnawita Suminta, M.Psi, dan (2) Qoidatul Marhumah, Lc M. Th. I. Kata Kunci : Religiusitas, Pola Asuh Demokratis Pola asuh merupkan pola atau tata cara orang tua dalam mendidik dan mengontrol proses tumbuh kembang anak semasa hidupnya. Menurut Baumrind, pola asuh yaitu bagaimana orang tua mengontrol, membimbing, dan mendampingi anak-anaknya untuk melaksanakan tugas-tugas perkembangan menuju pada proses pendewasaan. Salah satu tindakan yang ada didalam proses pendewasaan berupa bagaimana kedekatan anak dengan Tuhannya atau religiusitas. Aspek-aspek yang mencerminkan suatu kereligiusan berupa keyakinan, pelaksanaan kewajiban-kewajiban ritual dalam agama, perasaan-perasaan yang dialami, pengetahuan terhadap agama, serta implementasi seseorang dimotivasi oleh ajaran- ajaran agamanya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kuantitatif yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif dengan tujuan menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi karena tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi ada atau tidaknya hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat dengan menggunakan SPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah 17 orang yakni orang tua dari siswa kelas. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik non random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS versi 23 for windows. Hasil penelitian deskripstif mengungkapkan bahwa tingkat religiusitas pada siswa kelas VI MI Mambaul Ulum tergolong sedang dengan jumlah 9 orang (53%). Berdasar uji Spearman Runk variabel religiusitas dan pola asuh demokratis, didapatkan hasil nilai Asymptotic Significance (2-sided) pada uji Spearman Runk adalah sebesar 0,05. Jika nilai Asymptotic Significance (2-sided) 0,05 = 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dan demikian 0,05 = 0,05 maka Ha diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis dengan religiusitas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Atikah Wahyu Permatasari
Date Deposited: 18 Jan 2022 06:07
Last Modified: 18 Jan 2022 06:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3178

Actions (login required)

View Item View Item