Azizah, Siti Umimatul (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA MANIPULATIF BERORIENTASI PADA SENI MELIPAT (ORIGAMI) UNTUK MELATIH KREATIVITAS SISWA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII MTs. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
932302717_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932302717_bab1.pdf Download (698kB) |
|
Text
932302717_bab2.pdf Download (382kB) |
|
Text
932302717_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
|
Text
932302717_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932302717_bab5.pdf Download (207kB) |
|
Text
932302717_daftarpustaka.pdf Download (630kB) |
|
Text
932302717_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932302717_suratpernyataan.pdf Download (176kB) |
Abstract
SITI UMIMATUL AZIZAH, 2021, Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Dengan Memanfaatkan Media Manipulatif Berorientasi Pada Seni Melipat (Origami) Untuk Melatih Kreativitas Siswa Materi Segiempat Dan Segitiga Kelas VIIi MTs, Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Eka Sulistyawati, M.Pd. dan (2) Ahmad Syamsudin, M.Kom. Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam proses pembelajaran matematika sangat diperlukan untuk menarik perhatian siswa. Siswa juga dapat belajar secara mandiri tanpa dampingan dari guru. Terlebih lagi jika lembar kerja siswa ini dikaitkan dengan media manipulatif kertas origami. Siswa akan tertarik karena kertas origami ini selain untuk bermain, dapat juga diaplikasikan untuk mencari konsep matematika. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan memanfaatkan media manipulatif berorientasi pada seni melipat (origami) untuk melatih kreativitas siswa materi segiempat dan segitiga yang valid, praktis dan efektif digunakan untuk siswa kelas VII MTs. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (RnD). Penelitian ini dilakukan pada sekolah MTs Al-Ishlah Dlopo kelas VII yang berjumlah 30 siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yaitu: Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan sangat valid ditinjau dari validasi ahli materi yang memiliki rata-rata presentase 90% dan valid viii ditinjau dari validasi ahli media yang memiliki rata-rata presentase 83,3%. Kepraktisan LKS ini ditinjau dari hasil respon siswa terhadap LKS yang menghasilkan nilai rata-rata 76,1 termasuk dalam kategori kreatif. Sedangkan keefektifan LKS ini ditinjau dari hasil penilaian kreativitas siswa dalam mengerjakan LKS yang menghasilkan nilai rata-rata 75,4 termasuk dalam kategori kreatif. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Media Manipulatif, Seni Melipat (Origami), Kreativitas
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Siti Umimatul Azizah |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 03:23 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 03:23 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3150 |
Actions (login required)
View Item |